APBD Aceh Capai Triliunan Rupiah Masuk 5 Besar Provinsi Terkaya di Indonesia, Apa Saja Infrastrukturnya?

APBD Aceh Capai Triliunan Rupiah Masuk 5 Besar Provinsi Terkaya di Indonesia, Apa Saja Infrastrukturnya?

Provinsi Aceh masuk dalam 5 besar sebagai Provinsi terkaya di Indonesia dengan APBD triliunan rupiah.-Foto/Unsplash/Julianto Saputra-

BACA JUGA:Komnas HAM Tangani Penganiayaan Imam Masykur, Sambangi Keluarga Korban ke Aceh

Dan fakta menariknya, pembangunan perkeretaapin di Kota Banda Aceh ini sudah ada sejak 2014 lalu.

Hal ini merujuk pada Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Kp 2128/2018 tentang Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (Pembangunan dan Pelayanan Perkeretaapian Perkotaan yang Meliputi Kota Banda Aceh), dan Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2014 tentang Perkeretaapian Aceh Rencana utama; Jaringan kereta api perkotaan sepanjang 52 km di kota Banda Aceh menghubungkan kota Banda Aceh dengan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda.

Pembangunan Pipa Gas Aceh

Proyek pembangunan pipa gas telah dikembangkan dari Lhokseumawe (Aceh) ke Sumatera Utara untuk pasokan gas di Kawasan Industri Belawan dan kota-kota di sepanjang pipa.

Saat ini, ada sekitar 10.000 rumah tangga yang telah tersambung ke sistem gas kota di kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur.

Infrastruktur perpipaan di masa depan akan dikembangkan dari Lhokseumawe – Banda Aceh – Meulaboh dan pantai barat Aceh.

BACA JUGA:6 Cara Transfer Nomor Kontak iPhone ke Android

Pembangunan infrastruktur gas meliputi pemasangan pipa (pembangunan jaringan pipa transmisi), pembebasan lahan dan asesorisnya.

Fakta menariknya, dikutip dari dpmptsp.acehprov.go.id, Pipa Arun – Belawan memiliki kapasitas 300 MMSCFD dan panjang 350 Kilometer dengan total investasi USD 586,04 juta.

Lalu PT Pertamina Gas (Pertagas) memiliki alokasi gas sebesar 185 juta Standard Cubic Feet Per Day (MMSCFD).

Gas yang berasal dari terminal Penyimpanan dan Regasifikasi LNG Arun telah memasok gas sebesar 120 MMSCFD ke PLN pada tahun 2015.

BACA JUGA:Kasus Imam Masykur, Bangsa Aceh Ancam Akan Kembali Angkat Senjata, KPA Luar Negeri : Kami Akan Lakukan Manuver !

Pada tahun 2018 fasilitas tersebut memasok 197 MMSCFD ke PT. PLN untuk mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Laut (MVPP) 240 MW.

Setelah pipa gas Arun – Belawan beroperasi, PT. Pertagas telah mengembangkan pipa gas sepanjang 120 km untuk memasok gas bagi industri nasional di KIM ke KEK Sei Mangkei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: