Sandiaga Uno Ingin Gelar Formula 1 di Sirkuit Mandalika, 'Pada Setuju Gak Nih?'

Sandiaga Uno Ingin Gelar Formula 1 di Sirkuit Mandalika, 'Pada Setuju Gak Nih?'

Potensi Formula 1 digelar di Indonesia tahun 2024-F1-Twitter

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno berencana bakal mengajukan sirkuit Mandalika untuk menggelar balap Formula 1.

Hal tersebut diungkapkan langsung lewat cuitannya di media sosial X (Twitter) pada Senin 16 Oktober 2023.

BACA JUGA:Keseruan Yamaha Ajak Konsumen dan Mekanik yang Beruntung Nonton Langsung MotoGP Mandalika

“Setelah MotoGP, setuju nggak nih kalau blapan F1 juga diselenggarakan di Sirkuit Mandalika?” tanya Sandiaga Uno dalam cuitannya.

“Berangkat dari kesuksesan MotoGP tahun 2022 dan 2023, kami berencana mengajukan Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah ajang Formula One (F1),” ujarnya.

“Saya melihat bahwa gelaran event internasional ini mampu menggerakkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Mengingat di tahun lalu saja, dampak adanya MotoGP Mandalika ini sudah mencapai lebih dari 30.000 lapangan kerja,” jelasnya.

BACA JUGA:Meningkat Tajam! Penonton MotoGP Mandalika 2023 Tembus 103 Ribu Orang

“Sampai sekarang, kami masih mengkaji ulang seandainya menguntungkan akan kita ajukan. Di sisi lain, kita akan terus fokus GEBER pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika agar persiapannya lebih maksimal sesuai amanat dari Bapak Presiden @jokowi,” paparnya.

“Semoga, dengan banyaknya gelaran event berskala internasional yang diselenggarakan di Indonesia, lapangan pekerjaan juga makin terbuka luas dan pertumbuhan ekonomi bisa melesat di kawasan sekitar,” sambungnya.


Sirkuit Pertamina Mandalika-dok.kemenparekraf-

Syarat sirkuit Mandalika gelar Formula 1

Hingga saat ini sirkuit Mandalika ternyata belum memiliki lisensi grade 1 dari FIA untuk menggelar Formula 1, hal tersebut sempat diungkapkan oleh CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria beberapa waktu lalu.

Menurutnya, untuk menjadi tuan rumah balapan F1, sirkuit harus mendapatkan lisensi tertinggi dari FIA atau sirkuit harus masuk kategori grade 1.

BACA JUGA:Veda Ega Pratama Tampil Impresif di ATC Mandalika, Sapu Bersih Podium Juara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: