Mengenal Kebun Binatang Bukittinggi, Wisata Kebun Binatang Tertua di Indonesia

Mengenal Kebun Binatang Bukittinggi, Wisata Kebun Binatang Tertua di Indonesia

Mengenal Kebun Binatang Bukittinggi, Wisata Kebun Binatang Tertua di Indonesia-X/@infosumbarnet-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Obyek wisata Kebun Binatang Bukittinggi atau Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bukittinggi yang wajid dikunjungi.

Kebun Binatang Bukittinggi memiliki beragam koleksi yang bersifat edukasi dan cocok untuk liburan keluarga bersama anak-anak.

BACA JUGA:10 Lokasi Wisata di Baturraden Banyumas, Nomor 6 Paling Seger dan Asri

Kebun Binatang Bukittinggi merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia

Tempat wisata tersebut dibangun pada masa Pemerintahan Hindia Belanda sekitar tahun 1900- an dengan nama Stormpark (Kebun Bunga). 

Pembangunan kebun binatang dirancang oleh Gravenzande, Controleur Belanda yang tengah bertugas di Bukittinggi. 

BACA JUGA:Wisata Seru Bersama Keluarga dengan Suasana Sejuk di Kaki Bukit Pancar, Jungleland Sentul Punya Banyak Wahana Baru

Controleur terkesan dengan keindahan panorama Bukit Malambuang atau Cubadak Bungkuak yang berada di seberang Bukit Jirek, lokasi berdirinya Benteng Fort De Kock.

Selain menyimpan berbagai koleksi Binatang, di Kebun Binatang Bukittinggi juga menghadirkan beragam budaya. 

Mulai dari Museum zoologi yang menyimpan binatang-binatang langka yang diawetkan berupa koleksi burung, reptile, ikan, gajah, rusa, harimau, buaya, dan sebagainya.

Saat ini, Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dan Southeast Asian Zoo (Seaza) menjadikan Kebun Binatang Bukittinggi sebagai proyek percontohan revitalisasi kebun binatang milik pemerintah Indonesia. 

BACA JUGA:Promo Paket Wisata Jogja Ini Siap Dorong Wisatawan Lokal & Luar Negeri

Kebun Binatang Bukittinggi merupakan salah satu dari tiga destinasi wisata di Kota Bukittinggi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi. 

Dua destinasi lain yang dikelola pemerintah setempat, yaitu pedestrian Jam Gadang dan panorama Ngarai Sianok, Lobang Jepang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: