Anies Minta Masyarakat Indonesia Sadar 3 Arena untuk Palestina, Apa Itu ?

Anies Minta Masyarakat Indonesia Sadar 3 Arena untuk Palestina, Apa Itu ?

Anies Baswedan menyerukan agar masyarakat berpartisipasi mendoakan warga sipil Palestina dalam aksi bela Palestina di Monas, 5 November 2023-tangkapan layar X@aniesbaswedan-

JAKARTA, DISWAY.ID- Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan meminta, masyarakat Indonesia memiliki kesadaran sebagai warga 'tiga arena' untuk Palestina

Tiga arena yang dimaksudnya itu adalah, kesadaran sebagai warga daerah, Indonesia, dan dunia.

Mengingat, kata Anies, Palestina sedang diserang habis-habisan oleh kebrutalan Israel. 

BACA JUGA:Kesehatan Menko Marves Luhut Binsar Membaik, Ungkap Alasan Pengobatan di Singapura

"Ketika sampai di level internasional, harusnya juga membangun kesadaran yang sama, kami warga dunia," kata Anies saat berbincang dari tayangan YouTube @BachtiarNasirOfficial, Sabtu 4 November 2023. 

Anies pun memberi contoh, musibah bencana alam seperti erupsi gunung dan longsor melanda warga daerah di Indonesia. Semua warga turun tangan sebagai bentuk kepedulian.

'Ketika ada satu bangsa, disakiti terus menerus, maka kita tidak bisa tinggal diam. Dan kita harus menunjukkan sikap kami warga dunia, ini masalah kemanusiaan dan kami peduli," ucap Anies.

BACA JUGA:Serukan Aksi Bela Palestina di Monas 5 November 2023, Anies Baswedan: Doa Rakyat Indonesia Getarkan Dunia

Oleh sebab itu, Anies mengingatkan, ketika Indonesia merdeka dan agresi Belanda masih terjadi. Kala itu, organisasi-organisasi buruh di luar negeri melakukan mogok.

Para buruh kapal enggan melakukan bongkar muat barang-barang dari Belanda.

"Banyak negara, kapal-kapal Belanda tidak bisa bergerak, semua protes, 'kami tidak mau ada penjajah Indonesia," ujar Anies.

Lanjutnya, Anies menekankan, solidaritas kala itu tidak hanya dilakukan para buruh. Melainkan juga, pemimpin dunia ikut bergerak atas penindasan Belanda terhadap Indonesia.

"Semua protes, sesama manusia. 'Bangsa Indonesia kalian jajah, negeri itu mau merdeka. Dan kalian minta kami layani, tidak bisa, kami berpegang pada kemerdekaan Indonesia'," kata Anies.​

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: