Cara Mencegah Atap Rumah Bocor Saat Hujan Deras Datang, Segera Lakukan 7 Langkah Ini

Cara Mencegah Atap Rumah Bocor Saat Hujan Deras Datang, Segera Lakukan 7 Langkah Ini

Cara Mencegah Atap Rumah Bocor Saat Hujan Deras Melanda, Segera Lakukan Langkah Ini---Freepik

BACA JUGA:Viral! Bantuan Makanan dari PBB Kadaluarsa, Netizen: Kelamaan di Jalan, Blokade Baru Dibuka!

5. Tingkatkan isolasi dan ventilasi

Isolasi yang baik akan membantu mencegah kebocoran yang disebabkan oleh rembesan air hujan yang dapat merembes dan merusak plafon atau langit-langit rumah. Selain itu, pastikan ventilasi di atap juga dalam kondisi baik. Ventilasi yang buruk dapat menyebabkan kumpulan uap air dan kelembaban di dalam ruangan, yang pada akhirnya dapat merusak atap dan menyebabkan bocor.

6. Gunakan material atap yang berkualitas

Pemilihan material atap yang berkualitas sangat penting dalam mencegah atap bocor. Pilihlah genteng yang tahan terhadap cuaca ekstrem dan memiliki daya tahan yang baik. Pastikan genteng dipasang dengan benar sesuai dengan petunjuk pabrikannya. Jika genteng tertentu sudah tua atau mengalami kerusakan yang parah, segera ganti dengan yang baru untuk mencegah atap bocor di musim hujan.

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Nepal 6,6 SR Terburuk Dalam Delapan Tahun Terakhir, 157 Orang Tewas dan Puluhan Lainnya Luka-Luka

7. Tambal retakan dan perbaiki seal

Retakan kecil pada atap atau seal yang rusak adalah pintu masuk bagi air hujan. Jika Anda menemukan retakan atau seal yang rusak, segera tambal menggunakan bahan waterproof yang tahan terhadap air dan panas. Pastikan sambungan antara genteng dan ceruk juga diperiksa dan diperbaiki jika ada yang kurang rapat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: