WhatsApp Meluncurkan Fitur Baru Protect IP Address, Gunanya Untuk Apa?

WhatsApp Meluncurkan Fitur Baru Protect IP Address, Gunanya Untuk Apa?

WhatsApp luncurkan fitur privasi baru di layanan perpesanannya yang disebut Protect IP Address-Screenshot/Mint-

JAKARTA, DISWAY.ID- WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di dunia, dan sebagian besar pengguna lebih menyukainya karena selain mudah digunakan, aplikasi ini juga menawarkan fitur privasi yang kuat. 

WhatsApp baru-baru ini menambahkan fitur privasi baru yang memungkinkan pengguna memprotect penelepon tak dikenal. 

Sekarang aplikasi perpesanan memiliki pengaturan baru untuk menyembunyikan alamat IP Anda dari pihak lain dalam panggilan. 

BACA JUGA:Vivo Y27s Resmi Rilis di Indonesia, Kamera Ciamik Harga Rp 2 Juta-an Aja!

BACA JUGA:Samsung Galaxy Tab A9 dan A9+ Resmi Dirilis, Tablet 5G Seharga 2 juta-an yang Punya Fitur Ramah Anak

Fitur privasi baru di layanan perpesanannya yang disebut Protect IP Address dalam panggilan yang menyembunyikan alamat IP pengguna ke pihak lain dengan meneruskan panggilan melalui servernya.

“ Panggilan dienkripsi secara end-to-end, jadi meskipun panggilan disampaikan melalui server WhatsApp, WhatsApp tidak dapat mendengarkan panggilan Anda,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada The Hacker News.

Ide intinya adalah untuk mempersulit pelaku kejahatan dalam panggilan untuk menyembunyikan lokasi pengguna dengan menyampaikan koneksi secara aman melalui server WhatsApp. 

Namun, kerugian dalam mengaktifkan opsi privasi adalah sedikit penurunan kualitas panggilan.

Dilihat dari sudut pandang ini, mirip dengan Relai Pribadi iCloud milik Apple, yang menambahkan lapisan anonimitas dengan merutekan sesi penjelajahan Safari pengguna melalui dua relai internet yang aman.

BACA JUGA:Kolaborasi Infinix Zero 30 dengan 3 Desainer Ternama Memukau Jakarta Fashion Week 2024

BACA JUGA:Begini Top Up dan Beli Voucher Game Tanpa Ribet di Simpur.id, Instan Masuk!

Perlu dicatat bahwa fitur Protect IP Address dalam panggilan  telah dikembangkan setidaknya sejak akhir Agustus 2023, seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh WABetaInfo.

“ Dengan mengaktifkan fitur ini, semua panggilan Anda akan diteruskan melalui server WhatsApp, memastikan bahwa pihak lain dalam panggilan tersebut tidak dapat melihat alamat IP Anda dan kemudian menyimpulkan lokasi geografis Anda secara umum,” kata WhatsApp .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: