UMKM Mitra Binaan Grup MIND ID Tembus Pasar Nasional hingga Digital

UMKM Mitra Binaan Grup MIND ID Tembus Pasar Nasional hingga Digital

UMKM produsen Kopi -ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Anggota Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk., (PTBA), terus mendorong memberikan program binaan terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar wilayah operasi perusahaan. 

Banyak pelaku UMKM yang kini sudah naik kelas dan meraup sukses menjalankan usahanya. 

Salah satunya produsen kopi dari Sumatera Selatan, bermerek Kopi Cap Bukit Jempol yang kini sukses menembus pasar nasional. 

Adapun pemilik dari Kopi Cap Jempol itu yakni, Hasnul Basri yang merupakan produsen kopi yang kini sudah berhasil menembus pasar nasional. 

BACA JUGA:Wapres Imbau Umat Muslim Hati-Hati Sikapi Fatwa MUI Soal Boikot Produk Israel

"Dukungan dari mulai modal hingga pemasaran yang diberikan oleh PTBA berhasil membuat Kopi Cap Bukit Jempol makin dikenali," kata Hasnul Basri. 

Hasnul Basri memulai usaha kopi sejak 2018 silam. Perlahan, usahanya semakin berkembang berkat sokongan dari PTBA. Basri juga mengaku mendapat pelatihan tentang bisnis dari PTBA. 

"Keunggulan Kopi Cap Bukit Jempol adalah aromanya mantap dan rasanya khas yang merupakan blend kopi arabika dan robusta," ujarnya.

Hasnul mengatakan Kopi Cap Bukit Jempol diracik dari buah kopi petik merah dan sudah melalui proses pascapanen ketat sebelum akhirnya masuk ke mesin sangrai dan dikemas dengan berbagai varian ukuran. 

"Kopi Cap Bukit Jempol tersedia dalam ukuran mulai dari 200 gram, 250 gram, 500 gram hingga 1 kilogram. Basri pun melakukan inovasi yakni membuat produk kopi celup," terangnya. 

BACA JUGA:Pencarian Recorder 2 Pesawat Tucano yang Jatuh di Pasuruan Dihentikan Sementara, TNI AU: Kondisi Medan yang Tidak Memungkinkan

"Kopi Cap Bukit Jempol kini tersedia di berbagai platform digital seperti marketplace, dan media sosial.

Kopi ini tersedia di platform marketplace Pasar Digital UMKM Indonesia (PaDi UMK) besutan Kementerian BUMN. 

"Dengan menggunakan teknologi digital secara optimal dalam menjalankan bisnisnya, UMKM kini bisa memperoleh manfaat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: