Terendam Banjir, Bupati Aceh Jaya Mulai Salurkan Bantuan

Terendam Banjir, Bupati Aceh Jaya Mulai Salurkan Bantuan

Terendam Banjir, Bupati Aceh Jaya Mulai Salurkan Bantuan-Kominfo-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Hujan dengan intensitas tinggi membuat beberapa sungai di Kabupaten Aceh Jaya meluap, hingga mengalami bencana banjir sejak Senin 20 November kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, melakukan kunjungan ke Kecamatan Panga dan Kecamatan Krueng Sabee pada Rabu 22 November 2023, untuk meninjau langsung kondisi warga yang terkena dampak banjir. 

BACA JUGA:15 Kecamatan di Aceh Terendam Banjir Setelah Seminggu Diguyur Hujan, 3 Jalan Nasional Lumpuh

Pj. Bupati Nurdin juga menyerahkan bantuan masa panik kepada warga yang terkena dampak banjir.

Banjir mengakibatkan sejumlah rumah warga terendam air dan memutus akses jalan seperti yang terjadi di Gampong Kuala Bakong Kecamatan Sampoiniet dan tanah longsor di Gampong Sawang Kecamatan Setia Bakti.

Dampak dari banjir tersebut membuat masyarakat terisolir dan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

BACA JUGA:Cisadane Meluap, 6 RT di Teluknaga Tangerang Terendam Banjir

Adapun Gampong di Kecamatan Panga yang terisolir antara lain Gampong Bate Meutudung, Alue Pande, Panton Krueng dan Glee Putoh.

Nurdin berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir. Pihaknya juga akan segera mengambil tindakan dalam menangani banjir ini dan membantu warga agar secepatnya pulih kembali.

Serta mengimbau kepada warga untuk terus mewaspadai banjir susulan dikarenakan tidak menutup kemungkinan banjir kembali terjadi dikarenakan intensitas hujan yang masing tinggi.

BACA JUGA:Antisipasi Banjir, BPBD DKI Jakarta Siapkan Alat Berat di 25 Kelurahan

"Di sisi lain jika masyarakat diharuskan mengungsi, kita akan menyiapkan dapur umum untuk kebutuhan warga  dan kalau tidak ada hujan deras, maka diperkirakan air akan surut besok serta untuk mengantisipasi terjadinya wabah penyakit pasca banjir misalnya malaria,” ujar Nurdin. 

“Tentu nantinya tim medis akan melakukan identifikasi berbagai penyakit oleh Dinas Kesehatan yang memang masuk kedalam tim dalam menghadapi bencana alam," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: