Bram Parung

Bram Parung

Nasional Corruption Watch soroti jelang putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) terkait aduan soal dugaan pelanggaran etik hakim MK.-agus tumoko-

''ANDA semester berapa?'' tanya saya.

''Semester 11 pak,'' jawabnya.

Sudah tiga hari saya mencari mahasiswa yang lucu ini:

Brahma Aryana.

Bram, panggilannya, kuliah di Fakultas Hukum Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. Hukum tata negara. Bram tinggal menunggu putusan MK: soal usia minimum capres/cawapres. ''Mungkin tanggal 28 lusa pembacaan putusannya,'' kata Bram.

Bram selalu memonitor jadwal sidang-sidang di Mahkamah Konstitusi. Terutama sejak ia mengajukan ''gugatan'' ke MK. Ia minta putusan MK No 90 yang menghebohkan itu dicabut. Diganti dengan putusan baru: ''....umur 40 atau minimal pernah menjabat gubernur''. Bukan hanya pernah menjabat kepala daerah termasuk bupati/wali kota.

''Saya lihat tanggal 28 November tidak ada sidang. Mungkin untuk membacakan putusan terkait ''gugatan'' saya,'' kata Bram.

Kini Bram berusia 23 tahun. Masih menyelesaikan skripsi. Ia kelihatan malu-malu karena tidak segera lulus. Statusnya tetap mahasiswa. ''Kalau ada yang bertanya semester berapa, agar aman, saya jawab 'semester terakhir','' katanya.

Bram hidup bersama ibunya. Janda. Jualan es di rumahnyi. Ayahnya sudah lama meninggal. Dosen Universitas Indonesia. Karena itu, kelak, Bram ingin kuliah S-2 di UI. Adiknya juga sudah meninggal dunia.

Meski belum lulus, Bram sudah punya judul skripsi: Tanggung Jawab Hukum Partai Politik. Partai politik harus dibubarkan kalau ada kadernya yang terbukti korupsi. Ia mengacu pada perusahaan yang bisa dibubarkan dalam perkara korupsi.

Bram sudah tiga kali ikut sidang di MK. Proses pemeriksaan sudah selesai. Ia selalu ikut sidang langsung di gedung MK. Tidak lewat online. Itu karena Bram tinggal di Jakarta.

Bram seorang aktivis. Ia bergabung ke komisi pemantau pemilu, KIPP. Posisinya di KIPP itulah yang ia pakai sebagai legal standing ''menggugat'' ke MK. ''Legal standing saya lebih kuat dari legal standing Almas,'' katanya.

Almas adalah pemohon No.90 yang membuat Gibran, putra Presiden Jokowi, memenuhi syarat menjadi calon wakil presiden. Permohonan Almas dikabulkan. ''Padahal legal standingnya hanya sebagai pengagum Gibran dan sebagai anak muda yang punya cita-cita sebagai presiden,'' kata Bram.

Almas, Anda sudah tahu, mahasiswa hukum semester akhir Universitas Surakarta.

''Apakah Anda tahu kalau pun permohonan Anda dikabulkan nanti tidak ada pengaruhnya pada pencawapresan Gibran?''

''Saya tahu,'' katanya.

''Apakah Anda tidak takut dianggap tidak pro anak muda?''

''Sejak saya mengajukan 'gugatan' sudah ada yang menilai begitu,'' jawabnya.

Saya pun kembali menghubungi Boyamin, pengacara yang juga ayah Almas. Boyamin merasa pihaknya tidak punya kepentingan apa pun di gugatan Bram. ''Bahkan seandainya gugatan itu dikabulkan dan status cawapres Gibran ditinjau kembali, saya pun tidak masalah,'' katanya.

Bram tidak menangani sendiri permohonannya ke MK. Ia memberikan kuasa pada pengacara Viktor Santoso Tandiasa. ''Beliau mengajar di kampus kami. Beliau juga sering beracara di MK,'' ujar Bram.

Mahasiswa semester terakhir berkibar di MK. Dari universitas swasta di daerah. Almas dari kampus pinggiran Solo. Bram dari kampus pinggiran Jakarta: Parung. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 24 November 2023: Tebakan COP

Handoko Luwanto

Kalo ada lowongan tenaga digital forensik, cocok bagi kak L1301. Anda merinci step by step apa yg dilakukan kemarin menjawab tantangan foto Abah itu sungguh keren.

 

Udin Salemo

Pengen dengar proyek Solar Cell itu apakah biayanya juga membengkak 18 triliun? Seperti proyek yawan yang awal berbiaya 83,6 triliun lalu menjadi 108 triliun (begitulah kata berita hasil googling). Jepun menawarkan bunga kredit 0,1% tapi yang diambil bunga 3,4% dari daratan. Memang orang goblik akan terpukau tawaran yang menggiurkan. Akhirnya masuk "jebakan Betmen" alias dikadalin... mkmkmkmk....

 

Er Gham

Sepanjang jalan wajib tanam pohon. Setiap kota atau kabupaten. Bisa tanam pohon trembesi, sebagai salah satu pohon penyerap karbon terbaik. Wajib menghutankan halaman halaman kantor pemda atau kementrian di daerah. Mereka punya lahan halaman yang luas yang kadang hanya ditanam rumput saja. Wajib menghutankan pangkalan atau markas militer, terutama markas angkatan darat di daerah. Lahan mereka luas, bahkan sangat luas, karena memang untuk area latihan prajurit. Kalau pangkalan angkatan udara agak sulit karena memang butuh lahan datar dan kosong untuk pendaratan pesawat. Tanam pohon trembesi sepanjang jalur tol jawa dan jalan arteri utama, dari anyer ke panarukan. Deandels baru buat jalan dan belum sempat tanam pohon di sepanjang jalannya. Penganten baru wajib tanam 5 pohon. Dimana saja. Terserah. Sebagai syarat dari KUA. 05.37

 

Atho'illah

Dulu, waktu masih punya pacar, saya pernah nackal deket lagi sama mantan, sering chattingan sama mantan. Waktu chattingan sama pacar saya, saya salah sebut nama, yg saya sebut nama mantan saya. Akhirnya, beliau ngambek sampe 2 minggu, hampir putus. Wkwkwk Saya curiga, sepertinya yang Bli Leong tulis ini berdasarkan pengalaman Pribadi. Ye kaaan? :v

 

Mbah Mars

ROMANTISME CAK MUL "Buke, sudah bertahun-tahun jadi imammu rasanya kok aku bawaannya ingin belajar melulu", kata Cak Mul di suatu sore. "Perasaan dulu saat sekolah, Mas Mul males belajar. Males nulis pelajaran. Cuma mengandalkan catatan teman-teman cewek ?", sahut Nyonya Mul. "Itu dia Buke. Dikau itu besar sekali pengaruhnya terhadapku. Bisa merubah keburukanku" "Emang Mas Mul semangat belajar apa sih ?" "Masmu ini selalu semangat untuk terus belajar menyayangimu Buke" "Oh...so swiiitttt. Muachhhhhh Mas Mulku". Cak Mul gablok-gablokan dengan istrinya.

 

thamrindahlan

Selamat Pagi Sahabat Perusuh Bersyukur tiba Jum'at nan penuh keberkahan. Setuju Abah jangan ragu ragu menyampaikan isi hati terkait keharusan PLN membeli tenaga listrik produksi Abu Dhabi di Cirata. Sebagai pakar listrik negara bersama Pemerintah dan DPR wajib pula membela kepentingan negara agar tidak ada keterpaksaan mengeluarkan dana besar/banyak sementara Indonesia sudah kelebihan tenaga listrik untuk Pulau Jawa. Pasti ada solusi tepat (win win solution) mengatasi masalah ini. Investasi tidak perlu dikuatirkan selama memberikan kesejahteraan sebanyak banyak untuk rakyat setempat. Solusi terbaik menghindari kebijakan PLN (jangan sampai } membebankan rakyat dengan cara menaikkan harga listrik perumahan untuk . pembeilian tenaga listrik. Sabtu 25 November 2023 Disway.id akan mengumumkan keputusan siapa saja perusuh terpilih untuk Gathering di Prambanan. Semoga dan semoga terjawablah rahasia dan doa serta isi hati sobat rusuhwan. Spesial Aat yang masih jomblo semoga dan semoga berhasil menembakkan panah asmara di kawasan Jakwa Tengah. Anda sudah tahun Putri Solo nan ayu itu diam diam menghanyutkan. Aat sudah menyiapkan strategi untuk meng ahhiri masa lajang didukung doa sahabat senior perusuh. Salamsalaman

 

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Catat Sejarah (Kam,23-11-2023)

#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain]

#1. (3;113) [5;2]

#2.ACEP YULIUS HAMDANI (2;247)

#3.Agus Suryonegoro III (6;624) [3;0]

#4.Agus Tejo (4;15) [1;0]

#5.Aku dan kita Official (4;29) [0;4]

#6.alasroban (2;40) [1;0]

#7.Amat K. (1;1) [0;1]

#8.AnalisAsalAsalan (11;649) [0;4]

#9.Anwar Kholil (2;53)✏️

#10.Azza Lutfi (1;11) [0;1]

#11.bitrik sulaiman (2;7)

#12.Citra Cilia (1;9) [0;1]

#13.DeniK (1;29)

#14.didik sudjarwo (1;6)

#15.Duwi eko Setiyo gomo (4;119)✏️

#16.Echa Yeni (5;180) [1;4]

#17.Edyanto (1;44)

#18.Em Ha (1;71)

#19.Er Gham (9;269) [3;2]

#20.Fa Za (4;119) [4;0]

#21.Gianto Kwee (2;25) [0;2]

#22.Gregorius Indiarto (3;114)

#23.Handoko Luwanto (2;258) [1;0]

#24.hikends (3;263) [1;0]

#25.hoki wjy (2;252) [5;0]

#26.HONDA CBR150R (1;15)

#27.Ibnu Shonnan (1;50)

#28.imau compo (6;441) [1;4]

#29.Inalz droid (3;35)✏️

#30.iwan (3;60) [0;3]

#31.JIM vsp (1;46)

#32.Jo Neca (11;245) [2;6]

#33.Johannes Kitono (4;599) [7;0]

#34.Jokosp Sp (1;20) [0;1]

#35.Juve Zhang (15;1052) [11;1]

#36.Komentator Spesialis (17;582) [15;7]

#37.Lagarenze 1301 (16;1023)★★★⭐️⏰ [17;2]

#38.Leong Putu (33;307)✒️⚽️ [20;6]

#39.Liam Then (10;472) [2;5]

#40.Lutfi Lanang (1;16)✏️ [1;0]

 

Liam Then

Saya harap PLN segera ada divisi perusahaan yang melayani jual, jasa pemasangan, dan pemeliharaan panel surya mandiri ke perumahan, baik yang ongrid ataupun off-grid (ada pakai baterai penampung) , peluang pasar dan potensi sangat besar. Dua wilayah Jakarta dan Jabar sudah cukup untuk cetak laba lumayan jika serius dikerjakan. Kalau hanya beli listrik hasil produksi panelnya dan kemudian dijual kembali kemasyarakat, sudah dipastikan bakal tambah kelimpungan. IBC juga harus cepat segera realisasi rencana produksi, karena subsidi kendaraan listrik sekarang ini sebenarnya akan potensi meledak jadi masalah ,devisa negara bisa makin terkuras jika tak segera produksi baterai didalam negeri. Komponen paling mahal dari kendaraan listrik adalah baterainya, kita semua sudah tahu, baterai penyakitnya ya itu, soak. Jadi idealnya harus berendengan dengan program pemerintah dalam hal elektrifikasi kendaraan masyarakat, ini bisa cocok. Dan PLN mungkin bisa bentuk anak usaha dengan Pertamina untuk bangun dulu stasiun pengecasan, akuisisi/beli tempat-tempat strategis, pusat pengecasan ini nanti bisa ditenagai oleh listrik ekstra dari bisnis panel surya mandiri yang dipegang oleh PLN. Nantinya lokasi ini bisa dikombinasikan dengan bisnis penyewaan ruang usaha, karena beli lokasinya, beberapa tahun kedepan aset perusahaan juga bisa untung dari potensi kenaikan harga lahan. Kombinasikan juga dengan bisnis francise ke pihak yang tertarik lokasi miliknya untuk jadi stasiun pengecasan.

 

Jokosp Sp

Pagi mumpung belum sibuk tak mengklarifikasi tulisan Komentar Spesialis : 1. Kenapa IKN dibangun di tengah hutan. Samarinda bukan, Balikpapan tidak?. Sepertinya Om@KS belum jauh jalan-jalannya. Coba minta tiket ke Abah siapa tahu dapat gratis PP Jakarta-Balikpapan. Sekalian biar disupiri dan diantar kontributor Disway Samarinda. Samarinda - Balikpapan kalau ditarik lurus itu jalan raya dan sudah dipenuhi perkampungan penduduk di sepanjang jalan tersebut. Di sepanjang jalan tersebut juga ada Hutan Lindung Bukit Soeharto. Hutan asli Kalimantan yang berubah jadi tanaman pohon akasia. Lokasi IKN cek Gogle pastinya. Itu kawasan Hutan Tanaman Industri punya calon presiden yang yang jadi musuh besar @KS yang didukung Pak Lurah dan sang anak yang menabrak konstitusi, dan akhirnya sang paman harus dilengserkan dari ketua MK. Yang ke 2. Balikpapan akan jadi kota metropolitan jika IKN dibangun diantara BLPP-SMRD. Balikpapan sudah sangat lama jadi kota metropotitan, kami malah menyebut kota internasional karena saking banyaknya orang asing yang tinggal jadi karyawan perusahaan maupun kontraktor Pertamina. Dari Berau, dari Bontang, dari Sangata harus transit di Balikpapan itu kota industri semua. Ada Pupuk, LNG, dan Batu Bara. Balikpapan sudah sebagian terpakai untuk kawasan Depo Pertamina dan perumahan Pertamina, juga pelabuhan. Jadi memungkinkan IKN dibangun ya di luar kawasan tersebut. Kalau mau lihat Orang Hutan ya bukan di kawasan HTI atau di Bukit Soeharto. Bisa makan apa di situ?

 

Agus Suryonegoro III

"PLN sebenarnya pusing tujuh keliling dunia: Harus membeli listrik di saat lagi kelebihan listrik. Dengan harga lebih mahal pula", begitu tulis Abah DIS di CHD hari ini. Sebenarnya, ini masalah pemerintah Bukan masalah PLN. Masalah sebenarnya adalah masalah "SUBSIDI" kepada pelanggan listrik. Melalui PLN.. Kasihan PLN. Kasihan juga PT KAI, yang juga menghadapi masalah, karena harus dilewati proses subsidi untuk penumpang Whoosh. Tetapi harus "menalangi" riil uang cukup besar.. ### Indonesiana subsidi..

 

Leong Putu

Suhu otomatis turun saat tanggal muda. Mulai meningkat saat tanggal kemampo. Suhu panas akan mencapai puncak di minggu ke 4 tiap bulannya.

 

Agus Suryonegoro III

UNTUK komen saya di bawah, mungkin akan ada yang komen: Kalau untuk penumpang Whoosh, itu "bukan subsidi". Karena: 1). Penumpang Whoosh itu kebanyakan adalah orang mampu, yang tidak perlu di subsidi. 2). Penjualan tiket di bawah harga pokok itu adalah "biaya promosi". 3). Itu "teknis saja". Teknis keuangan, karena biaya proyek terlalu besar.. Dll. Dll. Apapun jawabnya, hakekatnya, akhirnya juga subsidi. ### Pusing sih..

 

Lagarenze 1301

Suatu hari, Presiden AS Barack Obama dengan marah melempar dokumen laporan intelijen ke meja. Beijing menghilang dari pengawasan satelit. Ini kejadian luar biasa. Ia ingin tahu senjata rahasia apa yang digunakan China. Obama pun meminta bantuan sejumlah manusia super, di antaranya Iron Man, Batman, dan Hulk untuk mencari tahu penyebabnya. Namun, mereka semua gagal. Mereka tidak bisa bernapas dan tidak bisa melihat apa-apa ketika tiba di Beijing. Obama nyaris putus asa ketika tiba-tiba Wolverine mengacung tangan. "Optimus Prime dapat melakukannya! Ia mampu tidak bernapas," kata Wolverine. Optimus adalah robot yang dapat berubah menjadi mobil di film Transformer. "Dia bisa menjelajahi jalan-jalan di Beijing tanpa diketahui." Optimus pun berangkat ke Beijing. Waktu operasi hanya satu hari. Beberapa waktu kemudian, Optimus Prime pulang membawa kegagalan. "Saya ke Beijing, tapi pelat mobil saya dilarang melintas hari ini, ada kebijakan ganjil genap," katanya. Cerita humor di atas muncul ketika China mencatatkan polusi udara yang ekstrem, sepuluh kali lebih banyak dari batas yang direkomendasikan WHO. Udara Beijing seperti kabut. Banyak yang sakit pernapasan. Itu pada 2013. Pada 2020, China berhasil mengurangi pertikel udara yang merugikan kesehatan itu hingga 40 persen. Kualitas udara menjadi lebih baik. Strategi utama selama tujuh tahun itu adalah membatasi pembangkit batubara dan mengatur penggunaan mobil seperti pemberlakuan ganjil-genap.

 

Agus Suryonegoro III

COP itu apa sih..? Ternyata COP adalah "Cooperation of the Parties", yaitu "badan pelaksana konvensi internasional", yang merupakan bagian dari PBB. Dan mencakup: 1). Konvensi kerangka kerja perubahan iklim. 2). Konvensi pelestarian spesies hewan liar. 3). Konvensi anti korupsi. 4). Konvensi perdagangan liar flora dan fauna. 5). Konvensi keanekaragaman hayati. 6). Konvensi senjata kimia.. ### Dan lain-lain.. Masih banyak. Lha kok tidak diuraikan oleh Abah DIS, langsung ditulis, tanpa penjelasan COP itu apa.. Jawabnya: kan ANDA SUDAH TAHU..

 

Lagarenze 1301

Pukul 11.00 WIB. Saya mengakses situs IQAir untuk mengetahui kualitas udara Jakarta. Hasilnya: TIDAK SEHAT. Nilai Air Quality Index (AQI) mencapai 174. Nilai kualitas udara yang baik berkisar 0 hingga 50. Di atas 300 sudah dianggap berbahaya. Polutan utama Jakarta adalah PM2.5. Konsentrasi PM2.5 Jakarta tercatat 100 uq/m3, 20 kali dari standar WHO. PM2.5 adalah partikel halus yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. Polutan ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena kemampuannya yang tinggi untuk menembus saluran pernapasan. Bagaimana Surabaya?  Juga TIDAK SEHAT dengan AQI 164. Polutan utama PM2.5 tercatat 80,3 uq/m3, 16 kali lipat dari rekomendasi WHO.

 

Liáng - βιολί ζήτα

selingan "You Don't Have To Say You Love Me" - Dusty Springfield. Jalan menuju kesuksesan seseorang seringkali tak terduga, seperti mengalir begitu saja. Demikian yang dialami oleh Dusty Springfield, yang terlahir dengan nama Mary Isobel Catherine Bernadette O'Brien - kelahiran London, Inggris - pada tanggal 16 April 1939. Dusty Springfield memulai karirnya sebagai penyanyi pada tahun 1958, meski bisa dikatakan cukup sukses dalam bersolo karir, namun Dusty Springfield merasa belum mencapai puncaknya dan belum menemukan lagu khasnya - sebagaimana penyanyi-penyanyi top lainnya yang seringkali di-identik-kan dengan lagu tertentu yang menjadi hit setelah dinyanyikannya. Pada tahun 1965, Dusty Springfield menghadiri Festival San Remo yang ke-15 di Italy. Pada festival musik tersebut "ada penghargaan khusus untuk lagu-lagu terbaik yang belum pernah dirilis". [1/7]

 

Liáng - βιολί ζήτα

Adalah Giuseppe "Pino" Donnagio dan Jody Miller memperkenalkan lagu "Io Che Non Vivo (Senza Te)" dengan menyanyikannya pada festival musik tersebut. Entah mengapa, Dusty Springfield yang menghadiri Festival San Remo di Italy itu - ketika mendengarkan lagu "Io Che Non Vivo (Senza Te)" - hatinya begitu tersentuh oleh melodi-nya hingga meneteskan air mata, padahal Dusty Springfield tidak sepenuhnya mengerti arti lagu tersebut dalam Bahasa Italy - lantas terbersit di dalam pikirannya untuk membuat versi dalam Bahasa Inggris. "Io Che Non Vivo (Senza Te)" yang berarti "aku yang tidak bisa hidup (tanpamu)" adalah hasil karya Giuseppe "Pino" Donnagio bersama rekannya Vito Pallavicini. Di kemudian hari, rekaman lagu "Io Che Non Vivo (Senza Te)" yang dinyanyikan Giuseppe "Pino" Donnagio meraih sukses besar dan menjadi hit di Italy. Dusty Springfield memperoleh hak atas komposisi lagu "Io Che Non Vivo (Senza Te)" dari Giuseppe "Pino" Donnagio dan Vito Pallavicini pada tanggal 9 Maret 1966, untuk lagu dalam versi Bahasa Inggris-nya. [2/7]

 

Nimas

Setiap untaian adalah ilmu. Setiap untaian adalah nasehat. Setiap untaian adalah penyemangat. Belasan tahun aku mencarimu. Bermimpi tentangmu. Salam hangat untuk sebuah kisah Aku datang untuk bisa tahu. Kau beri aku ilmu Aku datang dengan angan. Kau beri aku masa depan. Kau mampu hidupkan cinta dalam sanubari. Untuk temukan keindahan dalam hidup. Kau ajarkan aku kesabaran diri. Agar aku sanggup menghadapi setiap masalah. Guru... Ku bentang cerita di atas kertas. Ku rapal doa di hampar sajadah. Kurilis nada di atas gawai. Ku sulam dengan jahit pengharapan. Terima kasih guru. #Selamat hari guru#

 

Wilwa

Manusia nampaknya ditakdirkan akan punah segera. Kalau bukan karena perang nuklir ya perubahan iklim. Kita konon makhluk hidup dengan otak paling cerdas di bumi ini. Tapi kita konon juga makhluk hidup paling EMOSIONAL di bumi ini. Dan emosi membajak amygdala dan kecerdasan kita pun terkalahkan. Emosi itu bisa kebencian, keserakahan, kemarahan, ketidakpuasan, kedengkian, dll.

 

Liam Then

 

Anda sudah tahu edisi sore : Cuma ada dua binatang berdarah biru , kepiting tapal kuda dan gurita. Darah dua jenis binatang ini berwarna biru karena mengandung oksigen dan tembaga. Sekitar 700.000 Ketam tapal kuda atau Belangkas atau horseshoe crab dipanen setiap tahun, untuk diambil darahnya karena mengandung kasiat yang diperlukan untuk obat-obatan anti bakteri dan virus. Darah ketam tapal kuda dikabarkan termasuk 10 cairan termahal didunia. Di barat sekitar 15 persen mati waktu dilepaskan setelah dipanen darahnya. Kenapa di Indonesia belum ada yang panen darah ketam tapal kuda? Anda sudah tahu, mereka lebih sibuk panen anggaran negara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 324

  • Aditya Hermansyah
    Aditya Hermansyah
  • ethann lord
    ethann lord
  • alasroban
    alasroban
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Agus Tejo
    Agus Tejo
  • didik sudjarwo
    didik sudjarwo
  • Agus Tejo
    Agus Tejo
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Ulik Kopi
    Ulik Kopi
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
  • 李麗珍
    李麗珍
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Ain fajrul
    Ain fajrul
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • 李麗珍
    李麗珍
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Nimas
      Nimas
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • 李麗珍
      李麗珍
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • jendela dunia channel
    jendela dunia channel
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
    • jendela dunia channel
      jendela dunia channel
  • Anwar Kholil
    Anwar Kholil
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • 李麗珍
    李麗珍
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • 李麗珍
      李麗珍
    • Amat K.
      Amat K.
    • 李麗珍
      李麗珍
    • Ulik Kopi
      Ulik Kopi
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Amat K.
      Amat K.
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Amat K.
      Amat K.
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Amat K.
      Amat K.
    • 李麗珍
      李麗珍
  • Agus Tejo
    Agus Tejo
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • yea aina
    yea aina
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Amat K.
    Amat K.
    • Atho'illah
      Atho'illah
  • pendatang baru
    pendatang baru
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
  • iwan
    iwan
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Liam Then
    Liam Then
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Agus Tejo
    Agus Tejo
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • 李麗珍
    李麗珍
    • 李麗珍
      李麗珍
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • 李麗珍
      李麗珍
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • 李麗珍
      李麗珍
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • 李麗珍
      李麗珍
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • 李麗珍
      李麗珍
    • 李麗珍
      李麗珍
    • 李麗珍
      李麗珍
    • 李麗珍
      李麗珍
    • 李麗珍
      李麗珍
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Ulik Kopi
      Ulik Kopi
  • Er Gham
    Er Gham
  • Atho'illah
    Atho'illah
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Amat K.
      Amat K.
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Amat K.
      Amat K.
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Atho'illah
      Atho'illah
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Amat K.
      Amat K.
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Er Gham
    Er Gham
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Wilwa
      Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • 李麗珍
      李麗珍
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Ulik Kopi
      Ulik Kopi
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Liam Then
      Liam Then
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
  • Ulik Kopi
    Ulik Kopi
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • captain kuranyi
    captain kuranyi
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Er Gham
      Er Gham
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
  • Wilwa
    Wilwa
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Wilwa
      Wilwa
  • Er Gham
    Er Gham
  • Nimas
    Nimas
  • JIM vsp
    JIM vsp
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Er Gham
    Er Gham
  • rid kc
    rid kc
  • Wilwa
    Wilwa
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
    • Nimas
      Nimas
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • nur cahyono
      nur cahyono
    • Nimas
      Nimas
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP