BMKG Ungkap Cuaca Selama Nataru di Jalur Selat Bali Aman

BMKG Ungkap Cuaca Selama Nataru di Jalur Selat Bali Aman

Pemeriksaan petugas gabungan Polresta Banyuwangi di Penyeberangan Ketapang Gilimanuk.-Humas Polresta Banyuwangi-

BANYUWANGI, DISWAY.ID-- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 di jalur pelayaran Selat Bali relatif aman.

Oleh karenanya, para pengguna jasa penyeberangan Ketapang - Gilimanuk dapat memanfaatkannya dengan baik selama libur Nataru ini.

Adanya kabar cuaca baik tersebut diungkapkan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di sela meninjau Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi.

BACA JUGA:Liburan Nataru 2024: Wisata Dieng Dipadati Wisatawan Lokal, Bukit Sikunir Jadi Lautan Manusia

Disebutkannya, cuaca wilayah selatan khatulistiwa termasuk Jawa dan Bali relatif cerah. Kondisi demikian dipicu pengaruh siklonik di Laut Cina Selatan dan dekat Belitung, sehingga awan hujan tidak banyak terbentuk, intensitas hujan juga berkurang.

"Pada periode Natal cuaca ekstrem dimungkinkan hanya terjadi di wilayah utara khatulistiwa. Seperti Sumatera, Aceh, dan Kalimantan," ujar Dwikorita.

Namun demikian, ia mengingatkan untuk wilayah khusus Selat Bali ini diperkirakan mengalami cuaca buruk pada momen pergantian tahun.

Hal itu terjadi akibat embusan monsoon Asia yang bergerak ke wilayah Indonesia yang memicu pembentukan awan hujan.

BACA JUGA:10.992 Calon Petugas Haji 2024 Lolos Verifikasi Berkas

Meski kondisi demikian, diperkirakan relatif aman. 

"Memasuki tahun baru, potensinya masih rendah, tapi ada peningkatan menjelang akhir tahun dan awal tahun. Meski begitu itu perlu diwaspadai," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: