Proyek IKN Sudah Habiskan 26,7 Triliun, Sudah Jadi Apa Saja?

Proyek IKN Sudah Habiskan 26,7 Triliun, Sudah Jadi Apa Saja?

Proyek Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur-IKN.go.id-

JAKARTA, DISWAY.ID - Proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur telah menelan anggaran sebesar Rp 26,7 Triliun selama 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan realisasi anggaran pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tahun anggaran 2023 mencapai Rp26,7 triliun atau setara 97,6 persen dari pagu anggaran.

BACA JUGA:30.878 personel Polisi Bakal Pindah Secara Bertahap ke IKN

BACA JUGA:Setahu Mahfud MD Pembangunan IKN Masih Minim Investor

"IKN tahun ini (2023) kita belanjakan Rp26,7 triliun, anggaran total Rp27,4 triliun," kata Sri Mulyani dalam konfrensi persnya di Jakarta, Selasa 2 Januari 2024 kemarin.

Realisasi anggaran itu dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp24,3 triliun. Sementara sisanya dibangun untuk noninfrastruktur sebesar Rp3,0 triliun.

Adapun anggaran infrastruktur digunakan untuk membangun istana negara dan kawasan inti pusat pemerintahan, kawasan pemukiman ASN (pembangunan tower rusun aparatur sipil negara serta pertahanan dan keamanan), dan pembangunan jalan tol IKN.

Melansir data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) progres pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap pertama mencapai 60 persen. 

BACA JUGA:PKB Sebut Cak Imin Tumpengan di IKN untuk Mengaji, 'Supaya Jin-jinnya Hilang'

BACA JUGA:Cak Imin Diungkit Potong Tumpeng di IKN, Jubir Timnas AMIN: Dulu Itu Terpaksa!

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur dasar IKN tahap pertama ditargetkan rampung pada akhir 2024.

"Sudah bagus progresnya, minggu per minggu ini hampir 60 persen itu batch 1. Rinciannya batch 1 sekitar 59 persen lebih kalau batch 2 sudah sekitar 2 persen atau 3 persen," tuturnya saat ditemui di Jakarta, dikutip 3 Desember 2023. 

Dalam hal ini, Kementerian PUPR melaksanakan dukungan terhadap pembangunan proyek infrastruktur di IKN sejak 2020-2024 dengan anggaran sebesar Rp60,99 triliun. Proyek itu dilaksanakan dengan 85 paket pekerjaan.

Terkait rinciannya, pembangunan infrastruktur dasar batch 1 di IKN terdiri dari 40 paket pengerjaan dengan total anggaran yang telah diguyurkan yakni Rp24,52 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: