Setahu Mahfud MD Pembangunan IKN Masih Minim Investor

Setahu Mahfud MD Pembangunan IKN Masih Minim Investor

Mahfud MD ancam balik Gibran soal carbon capture and storage: nanti kelabakan.-YouTube KPU-

JAKARTA, DISWAY.ID – Calon Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud Md menyebut pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) masih minim investor.

Sepengetahuan Mahfud Md itu disampaikan untuk merespons pernyataan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat debat perdana cawapres di Jakarta Conversation Center,Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2023.

Mahfud mengatakan bahwa selama pembangunan IKN tersebut, belum ada investor yang mau memberikan sebagaiman dananya untuk pembangunan IKN. 

BACA JUGA:Cak Imin Diungkit Potong Tumpeng di IKN, Jubir Timnas AMIN: Dulu Itu Terpaksa!

Padahal diketahui, pembangunan IKN direncanakan untuk tidak membebani Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 

Sebelumnya, Gibran menyinggung proyek IKN yang tidak seluruhnya menggunakan anggaran negara, melainkan mengandalkan investasi swasta dalam negeri maupun asing.

Putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu mengatakan bahwa penggunaan APBN dalam pembangunan IKN, hanya sebesar 20 persen. Sedangkan sisanya berasal dari investor.

Mendengar pernyataan Gibran, Mahfud pun menduga bahwa investasi yang diharapkan hadir itupun hingga kini masih sulit direalisasikan.

“Coba sebutkan investor mana yang sudah ada, dua saja?” tanya Mahfud Md kepada Gibran.

BACA JUGA:Mahfud Sebut IKN Belum Ada Investor, Gibran: Pulang Debat Bisa Di-google

Wali Kota Solo itu pun menjawab bahwa sudah ada investor dari Mayapada dan Agung Sedayu. Bahkan Gibran meminta Mahfud untuk mencari informasi soal investor IKN di internet.

Namun, Mahfud justru melontarkan pernyataan bahwa belum ada yang mau merealisasikan dananya meski sudah terdaftar menjadi investor pada pembangunan IKN.

“Belum ada yang merealisasikan investasi, mereka baru janji-janji,” tandasnya.

Diketahui, KPU telah melangsung debat capres-cawapres tahap kedua di Jakarta Conversation Center (JCC), Tanah Abang, Jakarta Pusat, 22 Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: