Sutradara Film Parasite dan Sineas Korea Selatan Tuntut Polisi Tanggung Jawab Atas Kematian Lee Sun Kyun

Sutradara Film Parasite dan Sineas Korea Selatan Tuntut Polisi Tanggung Jawab Atas Kematian Lee Sun Kyun

DISPATCH rilis hasil investigasi baru yang menyatakan Lee Sun Kyun tak bersalah.-Osen-

JAKARTA, DISWAY.ID - Sutradara film Parasite, Bong Joon Ho dan para sineas Korea Selatan menuntut polisi bertanggung jawab atas metode penyelidikan yang dinilai berdampak ke kematian aktor Lee Sun Kyun.

Dikutip dari Korea Herald, aktor, aktris, sutradara, dan pekerja dunia film Korea Selatan secara massal menyerukan untuk mengetahui penyebab kematian aktor Parasite tersebut.

Mereka menekankan penyelidikan menyeluruh atas kepatutan dan legalitas pemeriksaan narkoba Lee Sun Kyun oleh polisi, serta penghapusan artikel sensasional oleh media tentang sang aktor dan penerapan standar hukum yang lebih jelas untuk kasus serupa.

Tuntut Transparasi Kasus Lee Sun Kyun

Sutradara Bong Joon Ho memimpin konferensi pers Asosiasi Seniman Budaya Korea Selatan pada Jumat, 12 Januari 2024 terkait transparansi kasus yang menyeret aktor Lee Sun Kyun hingga meninggal dunia pada akhir Desember 2023.

Bong Joon Ho mengkritik metode investigasi polisi dan pemberitaan sensasional media yang dinilai berkontribusi pada keputusan Lee Sun Kyun bunuh diri. 

BACA JUGA:Detik-Detik Stasiun TV di Ekuador Diserbu Geng Narkoba saat Siaran Langsung, Kru: Kejam!

BACA JUGA:Bintang K-pop G-Dragon Akhirnya Dibebaskan dari Tuduhan Penggunaan Narkoba

Salah satu stasiun televisi nasional Korea juga dikritik secara khusus.

Ia dan asosiasi menyerukan penyelidikan penuh dan tuntas atas kasus narkoba yang sempat menjerat bintang Parasite itu dan oknum-oknum yang bertanggung jawan di dalamnya. 

"Saya meminta pihak berwenang menginvestigasi itu. Kami mendesak polisi menyelidiki apakah ada kelemahan dalam keamanan penyelidikan sejak rincian terkait mendiang Lee Sun Kyun pertama kali terungkap hingga dua bulan kemudian," kata Bong Joon Ho seperti diberitakan Variety.

"Kami ingin tahu apa ada atau tidak kontak secara individu (polisi) dengan media selama penyelidikan berlangsung, dan kami ingin hasilnya dipublikasikan sehingga tidak ada keraguan," tuturnya sambil berlinang air mata.

Para seniman Korea Selatan, termasuk musisi sekaligus CEO label Mystic Story Yoon Jong Shin menilai perbaikan legislatif juga diperlukan demi mencegah hal serupa terjadi di masa mendatang.

BACA JUGA:Tes Narkoba Negatif, G-Dragon Tulis Pesan Menohok di Instagram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: