Pakar Sebut Upgrade 40 Kota di Program Anies-Cak Imin akan Retribusi Ekonomi Lebih Cepat

Pakar Sebut Upgrade 40 Kota di Program Anies-Cak Imin akan Retribusi Ekonomi Lebih Cepat

Timnas AMIN optimis jika Paslon nomor satu itu meraih suara 60 persen di Gorontalo meski pada Pemilu 2019, daerah tersebut didomininasi oleh Jokowi.-dok disway-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) menegaskan pasangan calon (paslon) nomor 1 itu akan fokus pada program pembangunan 40 kota yang sudah ada (existing) di seluruh wilayah Indonesia agar setara dengan JAKARTA bila terpilih jadi Presiden.

Anggota Dewan Pertimbangan Timnas AMIN, Awalil Rizky mengatakan dalam menjalankan program tersebut pihaknya telah melakukan diskusi bersama pakar tata kota.

"Dari segi visi, misi, dan program, AMIN telah menitikberatkan pada kesetaraan dan keadilan untuk mewujudkan Indonesia adil makmur untuk semua.

BACA JUGA:Relawan Anies dan Ganjar Beralih Ke Prabowo, TKN Makin Yakin Menang Pemilu Satu Putaran

"Kami terus berdiskusi dengan para pakar dan ahli, baik dari internal Timnas AMIN maupun eksternal, khususnya terkait pembangunan 40 kota yang sudah ada di berbagai wilayah Indonesia untuk akselerasi pemerataan ekonomi," ungkap Awalil di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu, 13 Januari 2024.

Awalil mengaku jika Timnas AMIN akan mendengarkan masukan-masukan yang diberikan pakar dan ahli independen terkait dengan visi dan misi AMIN tersebut.

Lebih lanjut, Awali mengaku memiliki opsi lain dalam pembangunan kota, yaitu upgrade 40 kota yang sudah ada setara Jakarta, bukan membangun dari nol. Sebanyak 40 kota ini tersebar dari Sabang-Merauke.

Menurutnya, pembangunan di 40 kota ini lebih efektif jika hanya membangun satu kota baru.

BACA JUGA:TKN Akan Laporkan Koran Achtung ke Polisi

"Pembangunan (upgrade) 40 kota yang sudah ada ini akan lebih terasa dampak pemerataan ekonomi dibandingkan hanya membangun satu kota baru. Pasalnya, ketimpangan saat ini terasa di mana-mana," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ahli Tata Kota dari Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Suparwoko menyatakan sepakat dengan program AMIN tersebut.

Dia meyakini dengan upgrade 40 kota setara Jakarta akan ada pembangunan kementerian di setiap kota yang berbeda.

Dengan begitu, perekonomian akan tumbuh dengan sendirinya di masing-masing wilayah tersebut.

BACA JUGA:Relawan Pragib Yakin Prabowo-Gibran Dapat Berikan Kesejahteraan Untuk Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: