RS Vertikal Ditargetkan Jadi Pusat Utama Layanan Penyakit Kanker, Stroke, Jantung

RS Vertikal Ditargetkan Jadi Pusat Utama Layanan Penyakit Kanker, Stroke, Jantung

Kemenkes-RS Vertikal diproyeksikan jadi super hub pelayanan penyakit degeneratif-Kemenkes

JAKARTA, DISWAY.ID -  Rumah Sakit UPT Vertikal diharapkan bisa menjadi pusat pelayanan sejumlah penyakit tidak menular seperti kanker, stroke dan jantung.

Salah satunya di Surabaya. 

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meninjau pembangunan Rumah Sakit UPT Vertikal Surabaya.

Dia berharap rumah sakit vertikal tersebut mampu menjadi rumah sakit super hub untuk layanan kanker, jantung, dan stroke di Indonesia.

BACA JUGA:Pasien di Surabaya Antre 9 Bulan untuk Dapat Pelayanan Radioterapi, Ini Solusi Menkes

Rencananya, RS Vertikal Surabaya bakal memiliki empat gedung, yaitu gedung utama, gedung khusus untuk stroke, gedung khusus untuk kanker, dan gedung khusus untuk melayani penyakit jantung. 

"Harapan saya rumah sakit ini nanti akan menjadi super hub di mana rumah sakit- rumah sakit besar yang kita bangun di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, kalau butuh rujukan pelayanan yang lebih spesifik bisa datang ke sini," ujar Budi dalam keterangan resmi, Senin 15 Januari 2024. 

Selain di Surabaya, Kemenkes juga membangun RS yang sama untuk pelayanan kanker, jantung, dan stroke di Makassar, Sulawesi Selatan.

RS tersebut diharapkan juga mampu menjadi super hub untuk Maluku, Papua, Sulawesi, dan Kalimantan.

Gedung RS UPT Vertikal Kemenkes ini akan memiliki empat tower atau gedung yang terdiri atas tower A sebagai medical center atau gedung utama, tower B untuk spesialis jantung, tower C untuk spesialis otak, dan tower D untuk spesialis kanker.

RS Vertikal ini merupakan wujud transformasi layanan kesehatan.

Transformasi layanan kesehatan di Indonesia mencakup transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan Kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

RS Vertikal juga untuk mendukung program Kemenkes dalam mempercepat pemerataan pelayanan rumah sakit. RS UPT Vertikal ini akan menjadi pendatang baru (newcomer) dari 408 rumah sakit yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Lokasi pembangunan RS UPT Vertikal Kementerian Surabaya ini berada di Jalan Indrapura Nomor 17, Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, dengan total luas lahan 5,24 hektare. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes