Tren Investasi pada Masa Pemilihan Presiden Indonesia 2024

Tren Investasi pada Masa Pemilihan Presiden Indonesia 2024

Ilustrasi investasi-Freepik.com-

Kinerja Investasi Januari-September 2023


Source: badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM/Indonesia Invesment Coordinating Board)--

Investasi di luar Jawa terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Pada periode Januari-September 2023, investasi di luar Jawa mencapai Rp545,8 triliun, atau 51,8% dari total investasi di Indonesia. Investasi di Jawa, di sisi lain, mencapai Rp507,3 triliun, atau 48,2% dari total investasi.

Selama sembilan bulan pertama tahun 2023, investasi yang masuk ke Indonesia telah menciptakan lapangan kerja bagi 1,36 juta orang. Ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Kinerja Investasi Kuartal II 2023


Source: badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM/Indonesia Invesment Coordinating Board)-istimewa-

Sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi menjadi kontributor terbesar pada realisasi investasi di kuartal II tahun 2023. Sektor-sektor ini mencapai total nilai investasi sebesar Rp43 triliun.

Sementara itu, sektor logam primer, barang logam, non-mesin, dan peralatan menyumbang sebesar Rp42,4 triliun; pertambangan sebesar Rp37,9 triliun; dan sektor industri dan perkantoran mencapai Rp30,4 triliun.

BACA JUGA:Berkontribusi Untuk Ekonomi Berkelanjutan, Pegadaian Raih 2 Penghargaan Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2023

Secara total, industri manufaktur menyumbang 47,9% dari total realisasi investasi pada kuartal II tahun 2023. Antara 2022 dan kuartal kedua 2023, sektor manufaktur secara konsisten menjadi salah satu kontributor terkemuka terhadap investasi di Indonesia.

Bagaimana Mengurangi Risiko Politik pada Pemilu

Bisnis perlu mempertimbangkan beberapa pendekatan untuk memitigasi risiko politik selama ketidakpastian politik. Berikut adalah beberapa pendekatan yang dapat dilakukan:

1.  Analisis Risiko

Sebelum membuat keputusan investasi, riset dan nilai infrastruktur lokal suatu daerah secara menyeluruh. Pastikan daerah tersebut memiliki infrastruktur yang memadai untuk mendukung bisnis Anda. 

2. Tetap Terbuka Pada Pergerakan Global

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: