TNI AL Luncurkan 2 Kapal Baru Ukuran Jumbo, Ini Spesifikasinya

TNI AL Luncurkan 2 Kapal Baru Ukuran Jumbo, Ini Spesifikasinya

Dua kapal baru milik TNI AL yang baru diluncurkan. Kapal tersebut bisa berlayar 12 hari tanpa henti dan memiliki persenjataan canggih. Foto: Bayu Mulyana/Radar Banten--

DISWAY.ID, TNI Angkatan Laut (AL) Republik Indonesia (RI) meluncurkan dua kapal baru berukuran jumbo, Dorang 874 dan KRI Bawal 875.

Dalam kesempatan penyampaian keterangan pers, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan, kapal patroli cepat di kelas 60 meter ini memiliki spesifikasi panjang 60 meter, lebar 8,50 meter, dan bobot 440 sampai 520 ton.

“Kecepatannya 24 knot dan mampu beroperasi selama 12 hari terus menerus. Kecepatan maksimumnya 24 tapi kalau terus menerus menggunakan kecepatan ekonomis, kecepatan ekonomisnya 16,” ujar Yudo, Senin (21/03/2022)

Kapal inipun mampu mengangkut 46 personel dan sembilan personel cadangan.

Kemudian, kapal perang ini juga dilengkapi dengan meriam utama (single barrel) 40 mm yang berkemampuan tracking system dengan dilengkapi laser range finder, IR camera, dan day camera sehingga mampu ditembakkan dan fire control system.

Kapal yang diproduksi oleh PT Ciputra Mitra Sejati ini juga dilengkapi dengan persenjataan lainnya seperti dua unit meriam 12,7 mm.

“Ini merupakan kebanggaan kita bersama di mana kalangan kita di Indonesia mampu membangun kapal PC 60 yang tentunya dari sini nanti kita kembangkan lagi untuk ditingkatkan jadi kapal-kapal yang lebih canggih dari sekarang ini,” tuturnya.

Untuk saat ini kapal perang itu akan digunakan untuk patroli laut di Sorong, Papua.

“Karena ini situasi damai sehingga cukup untuk melaksanakan patroli laut, nantinya apabila ini tadi saya sampaikan apabila dalam darurat atau negara dalam bahaya kapal ini bisa kita tambah rudal karena sudah disiapkan juga ruangan untuk salurannya,” tuturnya.(RadarBanten)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: