Anies dan Ganjar Sentil Bansos saat Debat: Bukan Dirapel dan Dibagikan di Pinggir Jalan!

Anies dan Ganjar Sentil Bansos saat Debat: Bukan Dirapel dan Dibagikan di Pinggir Jalan!

Debat Capres-Anies dan Ganjar sentil isu bansos-YouTube

JAKARTA, DISWAY.ID - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyindir soal bantuan sosial yang dibagikan oleh pemerintah saat ini.

Hal itu menjadi substansi tanya jawab dalam debat capres 2024, dan pertanyaan itu diarahkan kepada calon presiden nomor 1 Anies Baswedan

“Pak Anies, lagi ramai kita tanya soal bansos. Karena menurut saya bansos ini adalah kewajiban negara dan rakyat berhak mendapatkannya. Tapi ada problem, seolah-olah ini bantuan orang per orang atau kelompok, padahal kita masih punya ada data yang tidak valid, ada protes yg kemudian tidak terespons dengan baik. Ini yang kemudian terjadi pertanyaan saya. Menurut Pak Anies bagaimana tata kelola bansos agar tidak saling klaim, bisa tepat sasaran, tidak menimbulkan kecemburuan, sehingga inilah satu harapan yang betul-betul bisa diterima rakyat,” tanya Ganjar kepada Anies. 

BACA JUGA:Grace Natalie Minta Tak Ada Lagi Paslon yang Saling Menghakimi Saat Debat

Anies menjawab dengan tegas. Dia banyak menyentil dan menyindir program bansos.

Anies menyebut, bansos tidak perlu dirapel, tetapi dibagikan sesuai kebutuhan. 

“Pertama, kita harus menyadari yang disebut sebagai bansos adalah bantuan untuk si penerima, bukan bantuan untuk si pemberi. Karenanya, dia diberikan sesuai dengan kebutuhan si penerima. Kalau si penerimanya butuh bulan ini, ya diberikan bulan ini. Kalau diberikannya selama 3 bulan ya 3 bulan lagi, tak usah dirapel semuanya,” tutur Anies. 

“Diberikan sesuai kebutuhan. Itu lah bansos tanpa pamrih. Pemberian bansos ini harus tepat sasaran, diberikan data yang baik, data akurat,” katanya. 

Anies juga menegaskan agar pemberiannya diberikan melalui jalur birokrasi, bukan di pinggir jalan. 

“Dan mekanisme pemberiannya lewat jalur birokrasi, bukan dibagikan di pinggir jalan. Harus bansos itu bisa dipastikan mereka yg miskin pra sejahtera termasuk di dalamnya..jangan terlewatkan. Kami menyusun bansos plus, angka ditingkatkan, yang belum.masuk dimasukkan, dan pelan-pelan hidup mandiri, dan lebih sejahtera,” ucapnya. 

“Di Jakarta dulu, ini atas nama negara. Ada label, dibiayai APBD DKI Jakarta bukan dari gubernur,” ucap Anies lagi. 

BACA JUGA:Apa Itu Jaket Varsity? Dipakai Ganjar Pranowo saat Debat Capres 2024

Ganjar menanggapi jawaban Anies dengan tegas.

Ganjar setuju dengan jawaban Anies. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: