Astra Melalui YDBA Gandeng Sarinah dalam Perkuat Kompetensi dan Perluasan Pasar UMKM

Astra Melalui YDBA Gandeng Sarinah dalam Perkuat Kompetensi dan Perluasan Pasar UMKM

Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Sigit P. Kumala (kiri); Sekretaris Pengurus YDBA, Ema Poedjiwati Prasetio (kanan); Komisaris Utama PT Sarinah, Trisni Puspitaningtyas (kedua kanan) dan Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati (kedua kir-astra-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam rangka memandirikan UMKM, khususnya bidang kerajinan dan kuliner, Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) menggandeng PT Sarinah untuk berkolaborasi menyelenggarakan pelatihan secara hybrid untuk lebih dari 200 UMKM binaan YDBA terkait desain produk, berupa merek, packaging, informasi produk dan strategi promosi untuk menarik buyer. 

Dalam kolaborasi yang dikemas melalui program Sarinah Pandu ini, para UMKM yang berasal dari Jabodetabek, Solo, Klaten, Yogya, Kalimantan hingga NTT juga berkesempatan untuk mengikuti kurasi dalam program bazar untuk memperluas pasar. 

Nantinya, akan ada 50 UMKM terpilih yang mengikuti bazar di Sarinah Jakarta selama 4 hari. Dan dari 50 UMKM tersebut akan dilakukan kurasi kembali untuk 5 UMKM terpilih yang akan hadir di gerai Premium Sarinah selama 3 bulan. 

BACA JUGA:Wastra Hingga Oriental Look Jadi Highlight di Indonesia Modest Fashion Weekend 2024, Karya 30 Desainer Top

BACA JUGA:Lewat YPA-MDR, Astra Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Pendidikan Indonesia

Kegiatan pelatihan sendiri diselenggarakan pada tanggal 21 - 22 Februari 2024 bersamaan dengan diresmikannya program kolaborasi tersebut di Gedung Sarinah Jakarta. 

Hadir dalam peresmian program kolaborasi, yaitu David Budiono selaku Pengawas YDBA,  Sigit P. Kumala selaku Ketua Pengurus YDBA, Ema Poedjiwati Prasetio selaku Sekretaris Pengurus YDBA, Tarsisius Wijaya selaku Bendahara Pengurus YDBA, Tonny Sumartono selaku Advisor YDBA, Trisni Puspitaningtyas selaku Komisaris Utama PT Sarinah dan Fetty Kwartati selaku Direktur Utama PT Sarinah.

David Budiono dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan kolaborasi ini sejalan dengan tujuan Astra melalui YDBA dalam memandirikan UMKM. 

Astra melalui YDBA sendiri memberikan pembinaan kepada UMKM, antara lain pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan fasilitasi pembiayaan. 

BACA JUGA:AHM Gelar Pelatihan Calon Pembalap Dunia Lewat Astra Honda Racing School

BACA JUGA:Astra Terus Bergerak Nyata Demi Cerahkan Masa Depan Pendidikan Indonesia

Namun, David menambahkan, agar program pembinaan berjalan efektif dan memberikan dampak yang lebih besar, tidak cukup dilakukan YDBA seorang diri. Butuh partner untuk saling melengkapi. 

Oleh karena itu, Astra melalui YDBA menggandeng PT Sarinah untuk mendukung peningkatan kompetensi dan perluasan pasar UMKM melalui program Sarinah Pandu. 

Sedangkan, Fetty Kwartati dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sarinah memiliki visi yang sama dengan YDBA sehingga Sarinah percaya kolaborasi ini semakin memperkuat upaya bersama dalam membangun bangsa melalui UMKM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: