Jokowi Resmikan 27 Ruas Inpres Jalan Daerah di Sulsel Senilai Rp 669 Miliar

Jokowi Resmikan 27 Ruas Inpres Jalan Daerah di Sulsel Senilai Rp 669 Miliar

Presiden RI Joko Widodo meresmikan meresmikan 27 ruas jalan dan 1 jembatan yang dilaksanakan melalui Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Sulawesi Selatan pada Kamis, 22 Februari 2024. -kementerian PUPR-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden RI Joko Widodo meresmikan 27 ruas jalan dan 1 jembatan yang dilaksanakan melalui Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Sulawesi Selatan. 

Peresmian dilaksanakan di ruas Soreang - Senggerang - Kalajong di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Kamis 22 Februari 2024. 

Pelaksanaan IJD mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. 

BACA JUGA:Gagahnya Makassar New Port, Pelabuhan Hub Terbesar di Indonesia Timur yang Diresmikan Jokowi Hari Ini

Pada TA 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun untuk pelaksanaan IJD secara nasional untuk penanganan 2873 km jalan daerah di seluruh tanah air. 

“Provinsi Sulawesi Selatan telah diberikan anggaran sebesar Rp669 M untuk tahun 2023, dalam rangka membangun dan memperbaiki 201 km jalan daerah yang ada di Kabupaten atau Kota di Sulawesi Selatan,” kata Presiden Jokowi, dikutip dari siaran persnya. 

Presiden Jokowi juga mengatakan, pada tahun 2023 terdapat 27 ruas jalan yang telah selesai dibangun dan diperbaiki di Provinsi Sulawesi Selatan. Dan pada tahun 2024, akan terus dilanjutkan pembangunan bagi ruas jalan daerah lainnya. 

“Kita berharap jalan-jalan di seluruh Provinsi Sulawesi Selatan semuanya bisa halus, mulus dan akan memperbaiki konektivitas antar daerah dan antar provinsi,” kata Jokowi.

BACA JUGA:PNM Kendari Raih Penghargaan Sebagai Lembaga Pemberdayaan UMKM Terbaik Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari  

Dalam peresmian itu, hadir sejumlah pejabat. Di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Anggota Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras, PJ Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, dan Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Muhammad Yusran Lalogau.

Selain itu, Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras dan Hamka Kady, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Budiamin mengatakan, dari 24 Kabupaten/ Kota yang berada di Sulawesi Selatan, IJD tersebar di 13 Kabupaten/ Kota yang meliputi Soppeng, Pangkep, Luwu, Luwu Utara, Barru, Bulukumba, Bone, Maros, Takalar, Wajo, Tana Toraja, Luwu Timur dan Makassar. 

“Dalam pelaksanaan IJD di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri dari pembangunan 27 ruas jalan sepanjang 201 km dan 1 jembatan sepanjang 300 meter. Dan khusus di Kabupaten Pangkep, terdapat 3 ruas IJD dengan total panjang 14,3 km dan total biaya Rp58,9 M,” jelas Budiamin. 

BACA JUGA:Erick Thohir Dampingi Presiden Jokowi Cek Program Pembangunan Proyek Vital BUMN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: