Pasca BULOG Banjiri dengan SPHP, Harga Beras di Pasar Johar Karawang Mulai Stabil

Pasca BULOG Banjiri dengan SPHP, Harga Beras di Pasar Johar Karawang Mulai Stabil

Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi -dok BULOG-

JAKARTA, DISWAY.ID-- BULOG diketahui sudah menggelontorkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebanyak 200-300 ton perhari ke Pasar Johar Karawang

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi dalam keterangannya di Jakarta pada Minggu 25 Februari 2024 kemarin.

BACA JUGA:Interior dan Furnitur Rumah Menteri hingga Istana Negara di IKN Pakai Produk Lokal, Netizen: Rakyat Antre Beli Beras 5 Kg

Hal tersebut langsung berdampak terhadap penurunan harga beras di pasar tersebut. Menurut Bayu, selain Pasar Induk Beras Cipinang yang merupakan pasar grosir tingkat konsumen, Pasar Johar Karawang merupakan pasar grosir produsen yang juga penting untuk dibanjiri beras SPHP guna meredam dan menurunkan harga beras di pasaran.

“Upaya yang kami lakukan dengan membanjiri beras SPHP di Pasar Johar Karawang ini cukup membuahkan hasil, dari pantauan kami di lapangan harga beras disana sudah mulai turun sebesar Rp 1.000 – Rp 1.500 perkilo,” ujar Bayu.

BACA JUGA:Irjen Kemendagri: Pemda Bisa Koordinasi dengan Bulog Bantu Salurkan Beras SPHP

Menurut pengakuan para pedagang di Pasar Johar Karawang, setelah BULOG menambah pasokannya ke pasar dalam tiga hari terakhir ini, harga beras perlahan mulai turun.

“Kalo kemarin setiap toko dikasih 4 ton, hari ini Sabtu 24 februari 2024, BULOG menambahkan menjadi 6 ton pertoko, total di Pasar Johar Karawang ini dipasok 300 ton perhari. Ini membuat harga beras menjadi turun seribuan perkilo” ujar Maman, yang merupakan salah satu pedagang di Pasar Johar.

BACA JUGA:Harga Masih Tinggi, Distribusi Beras Bulog Belum Merata, Ini Kata Pakar

Melalui BULOG, pemerintah terus melakukan intervensi ke pasar-pasar induk, pasar tradisional dan retail-retail modern melalui program SPHP untuk menangani krisis kenaikan harga beras saat ini.

(Bianca Chairunisa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: