Prediksi Jumlah Pemudik Lebaran 2024, Kementerian Perhubungan Bocorkan Puncak Arus Mudik

Prediksi Jumlah Pemudik Lebaran 2024, Kementerian Perhubungan Bocorkan Puncak Arus Mudik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) prediksi pemudik Lebaran 2024 akan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.-Ayu Novita-

JAKARTA, DISWAY.IDKementerian Perhubungan (Kemenhub) prediksi pemudik Lebaran 2024 akan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Adita Irawati selaku Juru Bicara Kementerian Perhubungan, mengatakan bahwa survey untuk melihat animo pemudik Lebaran akan disebarluaskan pada awal Maret 2024 nanti.

“Survey untuk melihat animo mudik masih berjalan dan rencananya awal Maret nanti akan dipublikasikan,” kata Adita kepada Disway.Id pada Jumat 1 Maret 2024.

BACA JUGA:8 Tips Ampuh Menghilangkan Bengkak di Pergelangan Kaki Akibat Keseleo

BACA JUGA:Indonesia Emas 2045, Menkes: Harus Tetap Sehat Bukan Obati Orang Sakit

Adita menjelaskan, untuk hasil sementara hasilnya menunjukkan bahwa jumlah masyarakat yang mudik Lebaran 2024 lebih besar dibandingkan tahun 2023.

“Untuk sementara hasilnya memang memperlihatkan minat mudik lebih besar dibandingkan tahun lalu,” lanjutnya.

Adita menambahkan, persiapan mudik di Lebaran 2024 ini, Kemenhub sudah berkonsolidasi dengan pihak-pihak operator untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana.

BACA JUGA:10 Transfer Terburuk Bayern Munich, Ada Nama Mantan Pemain Nasional Amerika Serikat

BACA JUGA:4 Tersangka dan 8 ABH Dugaan Penganiayaan Siswa Binus Ditetapkan Kepolisian, Anak Vincent Masuk Daftar?

“Dengan mempersiapkan posko terpadu angkutan lebaran, Ramp check untuk mengecek kelayakan moda, dan persiapan mudik gratis untuk moda darat, laut, dan kereta api,” pungkasnya.

Selanjutnya, Adita memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2024 pada H-3 hingga H-1 sebelum Lebaran.

“Mengenai tanggalnya (puncak arus mudik Lebaran 2024) diperkirakan hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, kira-kira seminggu sebelum lebaran sudah akan mulai terjadi peningkatan mobilitas,” pungkasnya. 

Sedangkan pengguna tranportasi kereta sejauh ini tiket kereta api untuk periode Lebaran 2024 sudah terjual lebih dari 600.000 tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: