PTS Indonesia Menuju World Class University, Ini Tekad Rektor Untar

PTS Indonesia Menuju World Class University, Ini Tekad Rektor Untar

Universitas Tarumanagara -Wakili Indonesia di Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2024 di Istanbul, Turki,-Untar

JAKARTA, DISWAY.ID - Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia sudah siap berkompetisi dalam kancah global.

Salah satu PTS, Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang ditunjuk oleh Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek untuk berpartisipasi dalam Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2024 di Istanbul, Turki, pada 26-29 Februari.

EURIE 2024 merupakan kegiatan eksibisi dan konvensi pendidikan tinggi internasional besar tahunan di kawasan Asia-Eropa yang dihadiri oleh kalangan pendidik, akademisi, pemegang kebijakan, dan pemangku kepentingan lain di bidang pendidikan tinggi dari seluruh penjuru dunia.

Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan yang hadir di acara tersebut, mengungkapkan kegiatan ini merupakan kali pertama Untar mengikuti kegiatan EURIE ini.

BACA JUGA:Pentingnya Kuasai Bahasa Mandarin, Untar Rutin Kirim Mahasiswa ke Tiongkok

Partisipasi Untar menjadi salah satu upaya dalam mengimplementasikan tagline “Untar untuk Dunia.”

“Untar ingin berperan lebih luas dalam pendidikan tinggi tingkat global dengan terus meningkatkan kualitas. Untar telah diproyeksikan Ditjen Diktiristek sebagai salah satu universitas swasta kelas dunia atau World Class University,” ungkap Prof Agustinus kepada wartawan.

Lebih lanjut, dia berharap dapat menjalin kerja sama kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi di dunia, untuk mendukung tercapainya SDM Unggul dalam menyambut Indonesia Emas 2045. 

Menurutnya, Untar memiliki berbagai program unggulan yang dapat ditawarkan.

“Untar menawarkan berbagai program lintas negara yang meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian kolaborasi internasional, pengabdian masyarakat internasional, dosen tamu, dan magang serta berbagai kegiatan lain yang sesuai dengan keunggulan Untar, khususnya di bidang Entrepreneurship,” jelas Prof Agustinus. 

BACA JUGA:Transformasi Pendidikan, Untar Berjaya di Bidang Penelitian hingga PTS Akreditasi Unggul

Ia menjelaskan bahwa Untar telah melaksanakan banyak kerja sama internasional dengan negara negara di Asia, Australia, Uni Eropa, United Kingdom, dan Amerika. 

Harapannya, EURIE 2024 akan memperkuat dan memperluas kerja sama internasional dengan beberapa negara Eropa tambahan seperti Turki, Uzbekistan, Kazakhstan, Romania, Brazil, Azerbaijan, dan Italia.

Ketua Tim Kerja Sama dan Humas Ditjen Diktiristek Yayat Hendayana mengatakan pihaknya mengoordinasi dan menggandeng sembilan perguruan tinggi terkemuka Indonesia untuk berpartisipasi dalam rangka transformasi pendidikan menyongsong Indonesia Emas 2045, dengan memperluas dan memperkuat jejaring mitra internasional untuk menghasilkan pendidikan tinggi yang berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: untar