Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran dari Korlantas Polri, Waspada Agar Gak Terjebak Macet

Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran dari Korlantas Polri, Waspada Agar Gak Terjebak Macet

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso, memprediksi puncak arus mudik lebaran 2024 akan terjadi pada 5 April 2024.-Disway.id/Anisha Aprilia-

BACA JUGA:Korlantas Bakal Kerahkan Tim Patroli Panduan Saat Mudik untuk Awasi Kecepatan Pemudik di Tol

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Kupang NTT Pagi Ini Berkekuatan M 3,9

Jenderal bintang satu itu berharap para pengendara bisa berkendara dengan kecepatan 100 km per jam tidak boleh melebihi, sebagaimana batas kecepatan maksimal yang telah diatur oleh Korlantas.

Menurut dia, itu berlaku baik di jalur arteri maupun jalan tol adanya batas kecepatan. Khusus mobil yang melaju di jalan tol yaitu 100 km per jam.

"Jadi si patroli supaya terjaga, pada saat cuaca hujan khususnya di Cipali misalnya. Itu kan uapnya kan meningkat sehingga jarak pandangnya terbatas, nah itu butuh patroli panduan itu," pungkasnya.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas Polri memprediksi jumlah pemudik pada periode Lebaran 2024 atau hari raya Idulfitri 1445 Hijriah meningkat 5-6 persen jika dibandingkan tahun lalu.

"Kalau tahun lalu ada 123 juta lebih masyarakat Indonesia yang melakukan mudik dan berwisata selama Libur Idul Fitri, ditambah 5 sampai 6 persen itu ada di angka 136 juta masyarakat," kata Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, Rabu, 6 Maret 2024.

BACA JUGA:Kurma Israel Punya Kode Barcode Khusus, Kenali Ciri-cirinya Agar Tak Salah Beli!

BACA JUGA:Anak Gemuk Sering Dianggap Lucu dan Gemas, Ancaman Penyakit Mengintai

Lebih lanjut, jenderal bintang dua itu mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas seperti contraflow hingga one way.

"Mulai dari pembatasan kendaraan untuk kendaraan angkutan barang yang sumbu tiga ke atas. Kemudian kita juga menambah kapasitas jalan dengan melakukan contraflow dihitung mulai 1 lajur dua lajur sampai tiga lajur maksimal, sampai penambahan kapasitas jalan dengan melaksanakan one way," jelasnya.

Aan berharap arus mudik Lebaran 2024 dapat berjalan secara lancar dan aman seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Oleh sebab itu, ia memerintahkan seluruh jajaran untuk turun langsung ke lapangan mempersiapkan pengamanan Mudik Lebaran 2024.

"Lakukan beberapa persiapan, kita melakukan survei kesiapan jalur survei kesiapan operasional, kesiapan personel dan seluruh sarana prasarana," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: