Klik Link Live Streaming Sidang Isbat Sore Ini, Menanti Keputusan 1 Ramadhan 1445 H

Klik Link Live Streaming Sidang Isbat Sore Ini, Menanti Keputusan 1 Ramadhan 1445 H

Klik Link Live Streaming Sidang Isbat Hari Ini, Menanti Keputusan 1 Ramadhan 1445 H---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Tiba hari ini untuk pengumman penentuan 1 Ramadhan 1445 H atau awal puasa 2024.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar prosesi sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 1445 H sore hari ini, Minggu 10 Maret 2024.

Kemenag RI akan mengadakan sidang Isbat yang berlokasi di ruang Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Nantinya sidang Isbat ini akan dilangsungkan secara hybrid, daring (online), dan luring.

BACA JUGA:Bulan Puasa Ramadhan, Ini Jadwal Kemenag Gelar Sidang Isbat

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin menegaskan bahwa sidang Isbat menjadi andil negara dalam hal keagamaan bagi masyarakat.

Dengan adanya sidang Isbat maka masyarakat bisa mendapat kepastian terkait pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan di tahun 2024 ini.

Tentunya Kemenag akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam, perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan lain-lain dalam sidang Isbat ini.

Terdapat tiga tahap selama prosesi sidang Isbat nantonya, yakni yang pertama akan diisi dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H yang dilihat dari hasil hisab (perhitungan astronomi).

BACA JUGA:Kenapa Harus Ada Sidang Isbat untuk Menentukan Kapan Puasa? Ini Penjelasan Kemenag

Tim Hisab dan Rukyat Kemenag akan memberikan segala penjelasan terkait posisi hilal yang ada pada pukul 17.00 WIB.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Adib menjelaskan, sesi pemaparan tentang posisi hilal ini akan dilakukan secara terbuka untuk umum dan bisa disaksikan LIVE di kanal Youtube Bimas Islam.

Proses atua tahap yang kedua, sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah akan berlangsung tertutup atau tidak untuk umum, dilaksakanak pasca sholat Magrib.

Sidang Isbat juga akan menegaskan hasil dari rukyatulhilal ooleh Tim Kemenag pada 134 lokasi yanhg tersebar di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: