Pantauan Harga Sembako Ramadhan 2024, Stok Beras Mulai Normal, Telur Tembus Rp31.000 Per Kilogram

Pantauan Harga Sembako Ramadhan 2024, Stok Beras Mulai Normal, Telur Tembus Rp31.000 Per Kilogram

Stok Beras Premium-Mulai normal di pasaran dan ritel-Bianca Chairunisa

JAKARTA, DISWAY.ID - Puasa Ramadhan mendorong antusias kebutuhan masyarakat untuk berbelanja. 

Demi menjaga stabilitas pasokan dan harga di bulan puasa, Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional atau yang juga dikenal sebagai National Food Agency (NFA) memutuskan untuk menerapkan relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium.

Relaksasi ini sendiri sementara berlaku dari tanggal 10 Maret sampai 23 Maret 2024.

BACA JUGA: Ketersediaan Stok Beras dan Sembako Mulai Normal, Harga Telur Meroket

Relaksasi ini juga menjawab permintaan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) yang sebelumnya meminta pemerintah untuk merelaksasi HET untuk komoditas pokok dan penting seperti beras untuk mencegah kekosongan dan kelangkaan sejumlah komoditas tersebut pada gerai ritel modern di Indonesia.

Dari hasil pantauan Disway di lapangan Senin 11 Maret 2024 di ritel modern Alfamart Depok, sudah tampak beras premium stabil dengan merek Alfamart pulen dengan harga Rp 74.500 untuk kemasan 5 kg.

“Sudah turun harga dari kemarin,” ujar salah satu pegawai Alfamart yang enggan disebutkan namanya.

BACA JUGA:PNM Hadirkan Bazzar Sembako Murah di Bogor

Sementara itu di ritel Modern Hyfresh Depok, tampak stok beras premium merk SPHP dengan harga Rp 54.000 kemasan 5kg dan merk FS dengan harga Rp 69.000 kemasan 5kg.

Antusiasme pembeli tampak sangat ramai di Hyfresh karena menjelang puasa Ramadhan.

Antusiasme ini juga didasari akan ketersediaan beras premium di ritel modern yang kini sudah mulai normal stoknya untuk wilayah Kota Depok.

Sementara itu, harga telor curah di jual Rp 31.000 per-kilo, dan minyak goreng tampak berjejer kemasan 2 liter tampak di banderol harga 34.000 sampai 38.000 per-kemasan.

Di sisi lain, ayam potong tampak berderet dalam kemasan yang dibandrol harga Rp35.000 perkilo gram-nya dan gula pasir tampak dijual dengan harga flat Rp16.000 perkilo dengan berbagai merk.

Sebelumnya,  Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) memutuskan untuk menerapkan relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium. Ini diberlakukan sementara mulai 10 Maret sampai 23 Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: