Ini Bacaan Niat Mandi Keramas Puasa Ramadhan, Lengkap dengan Arab dan Latinnya

Ini Bacaan Niat Mandi Keramas Puasa Ramadhan, Lengkap dengan Arab dan Latinnya

Ini Bacaan Niat Mandi Keramas Puasa Ramadhan, Lengkap dengan Arab dan Latinnya---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Simak bacaan niat mandi keramas puasa Ramadhan yang benar menurut ajaran Islam.

Biasanya seorang muslim membaca niat mandi keramas puasa Ramadhan ketika hendak membersihkan tubuhnya dari hadas besar.

Perlu digarisbawahi bahwa mandi keramas puasa Ramadhan diartikan sebagai mandi wajib atau besar.

Mandi wajib sebelum berpuasa sama sekali tidak diwajibkan untuk dilakukan, tapi dianjurkan sebagai tindakan yang baik untuk lebih mantap menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

BACA JUGA:Gus Baha Minta Hindari Omongan 'Rugi Ramadhan Setahun Sekali Nggak Sholat Tarawih'

Ditegaskan sekali lagi bahwa mandi keramas puasa Ramadhan boleh dilakukan dan juga boleh tidak, karena hukumnya sunnah bukan wajib.

Dari kitab Hasyiyah al-Bajuri disebutkan:

"Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,... dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra'i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu"

Niat Mandi Keramas Puasa Ramadhan

Dikutip dari buku "Panduan Lengkap Shalat Wajib dan Sunah Berikut Juz 'Amma Untuk Pemula" karya Zaky Zamani, adalah penting niat mandi keramas Puasa Ramadhan untuk diucapkan dengan penuh kesungguhan saat memulai ritual mandi keramas.

BACA JUGA:Konsisten Tingkatkan Kontribusi, RUPST Bank Mandiri Sepakat Tebar Dividen Rp 33.03 triliun

Niat mandi keramas puasa Ramadhan bisa dilafalkan sambil membasuhkan air pertama ke tubuh sebagai tanda dimulainya proses mandi.

Jangan lupa baca niat keramas puasa Ramadhan karena menjadi bagian penting dari ibadah Islam karena mengikrarkan komitmen untuk melakukan mandi wajib sebagai bagian dari ibadah puasa Ramadan.

Tata cara mandi keramas sesuai sunnah juga perlu diperhatikan dengan seksama. Mulailah dengan membaca niat sebagai bentuk kesungguhan dalam menjalankan ibadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: