Tata Cara Mandi Wajib, Ada Doa dan Langkah-langkahnya

Tata Cara Mandi Wajib, Ada Doa dan Langkah-langkahnya

Tujuan mandi wajib adalah untuk membersihkan diri dari hadas besar dan kembali menjadi suci, sehingga dapat kembali melaksanakan ibadah seperti sholat dan ada tata cara mandi wajib yang harus dilakukan.-freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID – Bagi umat Islam, mandi wajib merupakan salah satu ritual yang harus dilakukan setelah melakukan beberapa aktivitas tertentu, seperti berhubungan intim antara pasangan suami istri. 

Tujuan mandi wajib adalah untuk membersihkan diri dari hadas besar dan kembali menjadi suci, sehingga dapat kembali melaksanakan ibadah seperti sholat dan ada tata cara mandi wajib yang harus dilakukan.

Ada beberapa dalil yang diambil dari Al-Qur’an dan Hadits menjelaskan mengenai kewajiban mandi wajib setelah berhubungan. 

BACA JUGA:TPNPB Akui Tembak Intelijen Indonesia: Itu Wilayah Perang Kami

BACA JUGA:Susi Pudjiastuti Minta Maaf Setelah Bongkar Penyebab Tiket Domestic Lebih Mahal dari Internasional, Netizen: Ibu Kan Bukan KPK

Salah satunya adalah firman Allah SWT dalam Surah Al-Ma’idah ayat 6:

“Dan jika kalian junub (karena berhubungan), maka bersuci lah (dengan mandi wajib).”

Selain itu, hadits dari Rasulullah SAW juga menjelaskan mengenai mandi wajib, dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila seseorang dari kalian melakukan hubungan seksual dan ingin kembali melakukannya, maka hendaklah ia melakukan wudhu.” (HR. Muslim)

Niat Doa Mandi Wajib yang Harus Diucapkan

Niat mandi wajib untuk setelah berhubungan badan, haid, nifas, junub atau keluar mani adalah sama jadi tidak ada perbedaan khusus disetiap doa dan masing-masing masalah yang kalian sedang alami.

BACA JUGA:Ciri-ciri Darah Rendah, Wajah yang Pucat Hingga Kehilangan Kesadaran

BACA JUGA:Jokowi Angkat Bicara Polemik Penetapan Tersangka Kabasarnas: Hanya Masalah Koordinasi

Sebelum melakukan mandi wajib, kita harus berniat terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: