Bikin Malu, KPK Minta Maaf Atas Kasus Pungli di Rutan KPK

Bikin Malu, KPK Minta Maaf Atas Kasus Pungli di Rutan KPK

Bikin Malu, KPK Minta Maaf Atas Kasus Pungli di Rutan KPK-KPK-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia, atas terjadinya dugaan pungutan liar yang dilakukan di lingkungan rumah tahanan (rutan) cabang KPK yang menjerat 15 pegawainya.

Perbuatan tersebut telah mencoreng nama lembaga dan mencederai nilai integritas yang selama ini dijunjung tinggi seluruh insan KPK.

BACA JUGA:KPK Tahan 15 Orang Tersangka Kasus Pungli di Rutan, Salah Satunya Kepala Rutan KPK 2022

“Saya mewakili Pimpinan KPK bersama jajaran struktural lainnya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas kejadian itu,” ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam kanal Youtube KPK, Jumat 15 Maret 2024.

Menurut Ghufron, pelanggaran itu mencederai nilai integritas yang selama ini dijunjung tinggi dan dipedomani insan KPK dalam melaksanakan tugas pemberantasan korupsi.

BACA JUGA:KPK Peringatkan Lucas agar Bertindak Kooperatif, Dugaan TTPU dengan Tersangka NHD

“Kami selaku Pimpinan bertanggung jawab penuh, untuk itu kami memastikan bahwa sebagai bentuk ketegasan dan zero tolerance KPK terhadap pelanggaran khususnya dugaan tindak pidana korups ini, kami secara paralel telah menindaklanjutinya,” ungkap Ghufron.

Ghufron memastikan para pegawainya yang jadi tersangka bakal ditindak tanpa terkecuali. Kedeputian Penindakan dan Eksekusi bakal terus bekerja. 

Permintaan maaf yang sudah dilakukan oleh 78 pegawai tidak membuat proses hukum urung dilakukan.

BACA JUGA:KPK Cekal 3 Terduga Korupsi Ini Untuk Pergi ke Luar Negeri

“Proses hukum tindak pidana korupsi oleh kedeputian penindakan dengan penetapan kepada 15 oknum yang dimaksud jadi tersangka dalam tindak pidana korupsi ini,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, KPK bakal terus berbenah di bawah koordinasi Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK. 

“Ini perlu kami tegaskan bahwa dugaan peristiwa pungli tidak hanya selesai dengan permintaan maaf,” tuturnya.

Sambung Ghufron, pihaknya kembali mengajak segenap masyarakat, jika mengetahui adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh insan KPK, dapat melaporkannya melalui saluran pengaduan Masyarakat, call center 198, ataupun Dewas KPK. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: