Jokowi Ingin RSUD Tipe C Dilengkapi Dokter Spesialis, dari Kandungan hingga Bedah

Jokowi Ingin RSUD Tipe C Dilengkapi Dokter Spesialis, dari Kandungan hingga Bedah

Presiden Jokowi-meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara-Sekretariat Kabinet

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo mendorong RSUD tipe C di sejumlah daerah memiliki dokter spesialis yang cukup lengkap. 

Hal itu demi meningkatkan akses terhadap pasien mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan dan riwayat medisnya.

Hal itu disampaikan Jokowi yang mengapresiasi ketersedian dokter spesialis di RSUD Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Ketersediaan dokter spesialis pada rumah sakit tipe C seperti RSUD sibuhuan sangat membantu masyarakat Kabupaten Padang Lawas terhadap akses layanan kesehatan yang lebih beragam.  

BACA JUGA:Bunda, Ini 7 Gejala Anak Harus Segera Dibawa ke Dokter Mata

“Saya juga senang karena di Rumah Sakit Daerah Sibuhuan di Kabupaten Padang Lawas ini, dokter spesialisnya sudah ada 17,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan resmi Kemenkes.

Menurut Direktur Utama RSUD Sibuhuan Affandi Siregar, meski hanya berpredikat sebagai RS tipe C yang melayani masyarakat tingkat Kabupaten Padang Lawas, RSUD Sibuhuan tetap berupaya meningkatkan layanan spesialistik dengan membuka berbagai layanan spesialis di luar empat spesialis dasar seperti spesialis kandungan dan obgyn, spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, dan spesialis anak.

“Juga, ada beberapa spesialis pendukung, yaitu THT, mata, patologi anatomi, patologi klinis, spesialis jiwa, dan juga anestesi,” kata Direktur Utama Affandi menambahkan.

BACA JUGA:Kabar Baik untuk Dokter, Urus SIP Kini Lebih Cepat Bisa Digital

Untuk mendukung layanan spesialistik di RSUD Sibuhuan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan bantuan pembiayaan pembangunan ruang CT Scan kepada RSUD Sibuhuan.

Biaya pembangunan ruang CT Scan yang dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan layanan kesehatan RSUD Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas.

Menurut Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kemenkes Aswan Usman, selain bantuan Pembangunan ruang CT Scan, Kemenkes juga memberikan bantuan berupa set analisis gas darah (AGD) bedside NICU, USG ECHO portable neonatus, dan ventilator non-invasif. Bantuan ini juga diberikan melalui skema DAK 2024.

RSUD Sibuhuan juga diminta turut mempersiapkan SDM penunjang yang dapat mengoperasionalkan sarana tersebut.  

BACA JUGA:18 Dokter Kulit dan Kecantikan Terbang ke Paris, Pelajari Tren Terbaru Penuaan Dini dan Bedah Plastik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: