Ceramah Singkat Puasa Ramadhan tentang Membaca Alquran, Bikin Hati Lebih Adem

Ceramah Singkat Puasa Ramadhan tentang Membaca Alquran, Bikin Hati Lebih Adem

Ceramah Singkat Puasa Ramadhan-Salah satunya tentang membaca Alquran-Freepik

Alhamdulillah wasshalatu wassalamu ala rasulillah amma ba'du, jamaah yang dirahmati Allah, Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan oleh Allah di bulan suci Ramadhan ini.

Mudah-mudahan sampai akhir Ramadhan kita dapat menjalankan ibadah puasa, Shalat Tarawih dan ibadah-ibadah lain dengan sebaik-baiknya.

Jamaah yang dirahmati Allah, Ramadan kita sebut sebagai bulan istimewa. Kenapa? Karena berbeda dari bulan lain, Ramadhan Allah nyatakan dalam Firman-Nya, Surat Al-Baqarah Ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Surat Al-Baqarah Ayat 185).

BACA JUGA:Masjid Nur Setiasih di SPBU Kalimalang Viral di Tiktok, Banyak Kajian Selama Ramadhan

Ramadhan ini sebagai barometer atau tolok ukur kedekatan kita dengan Al-Quran, kalau di bulan Ramadhan kita tidak mampu membaca dengan sering atau tidak bisa menghatamkan Al-Quran satu kali saja, maka akan sangat merugi.

Dan bisa jadi di bulan lain juga tidak pernah khatam Al-Quran.

Yuk, di bulan puasa ini kita gemarkan, kita rajinkan, kita banyakkan membaca Al-Quran.

Kalaupun masih merasa belum pandai, belum paham, belum bisa menuturkan melafalkan huruf Al-Quran maka banyak kesempatan buat belajar Al-Quran belajar bahkan melalui internet. 

BACA JUGA:Gus Baha Ungkap Keutamaan Ramadhan, Ternyata Puasa Membuat Orang Lebih Kuat

HP yang ada di tangan kita akan sangat bermanfaat jika dimanfaatkan untuk memperbaiki bacaan Al-Quran. MasyaAllah sudah sangat mudah sekali untuk kita belajar Al-Quran khususnya di bulan suci Ramadhan.

Maka, tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk tidak belajar Al-Quran, terlebih di bulan Ramadhan.

Semoga Allah melunakkan hati kita agar senantiasa ikhlas beribadah kepada-Nya. Aamiin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: