Polri Siapkan Zona Penyangga saat Arus Mudik, Urai Kemacetan di Jalan Tol

Polri Siapkan Zona Penyangga saat Arus Mudik, Urai Kemacetan di Jalan Tol

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menjawab pertanyaan wartawan.-Humas Polri -

JAKARTA, DISWAY.ID-- Korlantas Polri akan menyiapkan buffer zone atau zona penyangga untuk mengurai kemacetan di ruas jalan tol saat arus mudik Idulfitri atau Lebaran nanti.

"Kendaraan akan dialihkan ke jalan arteri untuk mengurangi kepadatan pada ruas jalan tol," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Selasa, 19 Maret 2024.

Selain itu, kata Truno, Korlantas Polri juga telah menyiapkan formula untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang akan mengganggu laju kendaraan di jalur penyeberangan antar pulau.

BACA JUGA:Ganjil Genap Mudik Lebaran 2024 Berlaku di Lokasi-Lokasi Ini, Diawasi Kamera ETLE

BACA JUGA:Sejumlah Pelabuhan Berlaku Delaying System dan Buffer Zone Jelang Mudik Lebaran 2024

Jenderal bintang satu ini mengatakan pihaknya juga mengantisipasi genangan air pada musim hujan, contohnya yang kerap terjadi di Jawa Tengah.

"Polri menyediakan pompa air dengan kapasitas besar sehingga cepat menguras air yang berada di jalan tol. Seperti di Jawa Tengah nantinya akan mencari jalur alternatif dan kita mengawal mencari jalur-jalur alternatif, sehingga aktivitas masyarakat masih beraktivitas seperti biasa," katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan mudik nantinya untuk memeriksa terlebih dahulu kendaraan dan fisik agar selamat sampai tujuan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang nantinya akan melakukan mudik lebaran 2024 untuk memeriksa terlebih dahulu keadaan kendaraan dan fisik anda agar selamat sampai tujuan dan balik mudik lebaran 2024," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: