Ribuan Personel Gabungan Kembali Amankan Demo di DPR dan KPU

Ribuan Personel Gabungan Kembali Amankan Demo di DPR dan KPU

Pengamanan kembali dilakukan pihak kepolisian dan pihak terkait di kawasan Gedung DPR RI dan KPU pada Selasa (19/3).-Istimewa/Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pengamanan kembali dilakukan pihak kepolisian dan pihak terkait di kawasan Gedung DPR RI dan KPU pada Selasa 19 Maret.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan ribuan personel gabungan kembali amankan demo di DPR dan KPU.

"Dalam rangka pengamanan aksi hari ini di depan gedung DPR/MPR RI kami melibatkan personil gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan Instansi lainnya. Di DPR/MPR RI melibatkan 2.970  personel, dan KPU RI melibatkan 385 personel," katanya kepada awak media, Selasa 19 Maret 2024.

BACA JUGA:Haji Haryanto Tak Ambil Pusing Urusan Rian Mahendra: Dia Orangnya Bahaya dan Tak Pecat dari Keluarga serta Perusahaan

BACA JUGA:Biden Ungkap Rencana Serangan Isreal ke Rafah Sebuah Kesalahan Serius, Jake Sullivan: Israel Akan Terisolasi Secara Internasional

Diungkapkannya, pengalihan arus lalu lintas dan rekayasa di sekitaran Gedung DPR dan KPU bersifat situasional.

"Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di depan DPR/MPR RI massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan Gedung DPR/MPR RI akan kami alihkan, penyekatan di Pulau Dua," ungkapnya.

"Kendaraan dari jalur dalam tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR/MPR RI kami tutup dan diluruskan ke arah Slipi dan juga di sekitaran KPU RI akan di berlakukan rekayasa lalulintas bilamana eskalasi massa meningkat," tambahnya.

BACA JUGA:Kiky Saputri Keguguran Karena Kista Ovarium, Kenali Gejala dan Penyebabnya

BACA JUGA:Berhasil Bangun Digital Public Relation, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia Kembali Raih Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award

Dijelaskannya, dirinya berharap masyarakat yang akan melintas di sekitaran DPR/MPR RI dan juga KPU RI untuk mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan di kedua tempat tersebut akan ada aksi unjuk rasa.

Ditegaskannya, personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis.

"Kami mengimbau kepada para korlap dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. Lakukan aksi unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas," tergasnya.

"Dengan persiapan dan kesiapan Pengamanan yang sudah kami lakukan, kami menghimbau kepada semua pihak untuk selalu menjaga Keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi unjuk rasa nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: