4 Alasan Pentingnya Duduk Saat Makan Buat Kesehatan Tubuh

4 Alasan Pentingnya Duduk Saat Makan Buat Kesehatan Tubuh

4 Alasan Pentingnya Duduk Saat Makan Buat Kesehatan Tubuh---Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Pernah makan sambil berdiri atau sering melakukannya?

Bila ya, maka kamu harus mengurangi kebiasaan ini. Soalnya, terlalu sering makan sembari berdiri ternyata bisa berbahaya buat kesehatan

Apalagi, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau makan sambil duduk, seperti berikut ini.

BACA JUGA:Surya Paloh Ucap Selamat ke Prabowo, Hasto: PDIP Tidak Akan Ikut Campur Tangan

1. Bisa memperlancar proses pencernaan

Ketika duduk, otot-otot perut berada dalam posisi yang lebih santai. Inilah yang memungkinkan makanan dapat dicerna dengan lebih efisien. Sebaliknya, jika kamu makan sambil berdiri atau berjalan, tubuh jadi tidak fokus sepenuhnya pada pencernaan. Akibatnya, kamu pun lebih mudah mengalami gangguan pencernaan, seperti banyak gas di dalam perut, terasa kembung, dan juga lebih begah. 

2. Mengendalikan berat badan

Makan sambil duduk juga dapat membantu kamu lebih sadar akan porsi makanan yang dikonsumsi. Jadinya, kamu pun lebih mudah mengontrol seberapa banyak yang kamu makan. Inilah yang bikin kamu mungkin merasa kenyang dengan porsi makanan yang sesuai. 

3. Lebih bisa menikmati makanan

Ketika duduk saat makan, kamu cenderung lebih sadar dengan jenis makanan yang dinikmati. Cara ini akan membantu kamu lebih fokus pada sensasi rasa makanan. Jadinya, kamu pun bakal lebih puas saat menyantap hidangan.

BACA JUGA:Punya Kenangan Manis, Aldi Satya Mahendra Siap Rebut Podium di WorldSSP300 Catalunya Pekan Ini

4. Mencegah tersedak saat makan

Kebiasaan makan sambil berdiri juga dapat meningkatkan risiko tersedak yang tentu  berbahaya bagi kesehatan tubuh, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Sedangkan untuk penderita GERD, kebiasaan ini akan membuat makanan tidak bisa dicerna dengan baik. 

Jadi, pastikan kamu selalu menyantap hidangan di meja makan dan duduk di atas kursi makan yang nyaman. Nah, kamu bisa membeli perlengkapan ruang makan terbaik hanya di toko resmi online INFORMA melalui ruparupa. Di sini, kamu juga dapat belanja peralatan dapur lainnya, seperti kompor, kitchen set, dan meja dapur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: