Gerhana Bulan Penumbra Muncul 25 Maret 2024, Bisa Dilihat di Langit Indonesia Timur

Gerhana Bulan Penumbra Muncul 25 Maret 2024, Bisa Dilihat di Langit Indonesia Timur

Gerhana Bulan Penumbra-Muncul pada 25 Maret 2024-Freepik

Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2 Oktober 2024 yang tidak dapat diamati dari Indonesia

Salah satu  tupoksi  Badan  Meteorologi  Klimatologi  dan  Geofisika  (BMKG)  sebagai  institusi pemerintah  adalah  memberikan  informasi  dan  pelayanan  tanda  waktu,  termasuk  di  dalamnya adalah  informasi  Gerhana  Bulan  dan  Matahari.  

Untuk  itu,BMKG  menyampaikan  informasi Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024

BACA JUGA:Gerhana Bulan Sebagian Terjadi 29 Oktober 2023, Sejumlah Daerah Ini Dapat Melihat

Jadwal Gerhana Penumbra 2024

Berdasarkan Peta Visibilitas Gerhana BMKG, wilayah-wilayah yang bisa menikmati semua tahapan Gerhana Bulan, yakni dari sejak Gerhana mulai (P1) hingga Gerhana berakhir (P4), ada di wilayah timur Indonesia atau sebelah kanan dari garis miring pada peta.

Wilayah yang Dilintasi Gerhana Bulan Penumbra 2024

Yakni, Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku.

Sementara itu, kata BMKG, wilayah di sebelah kiri garis miring peta tidak akan dapat mengamati seluruh fase gerhana karena Bulan masih di bawah horizon saat peristiwa itu terjadi.

Wilayah-wilayah yang tak bisa menikmati semua fase gerhana itu antara lain Maluku Utara, sebagian Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali;

Selain itu, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh.

Selain terlihat di Indonesia, seluruh proses gerhana bulan ini juga dapat dilihat di sebagian besar Amerika dan Kanada.

BACA JUGA:Wilayah Indonesia Bisa Lihat Langsung Gerhana Bulan Penumbra Malam Ini

Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di sebagian kecil Asia,  sebagian Australia,  Selandia  Baru,  dan  sebagian kecil Rusia. 

Proses  Gerhana  pada  saat Bulan  terbenam  dapat  diamati  di sebagian  Eropa  dan  sebagian  Afrika.  Gerhana  ini  tidak  akan dapat diamati di sebagian besar Asia, sebagian Australia, sebagian besar Rusia, sebagian Afrika, dan sebagian Eropa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg