Jelang Mudik 2024, Terminal Kalideres Menyortir Bus

Jelang Mudik 2024, Terminal Kalideres Menyortir Bus

Terminal Kalideres menguji kelayakan armada bus yang akan berangkat.-Candra Pratama/Carep-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengungkapkan, menjelang arus mudik lebaran tahun 2024 pihaknya terus menguji kelayakan armada bus yang akan berangkat.

"Jadi semua bus yang akan berangkat mudik itu dilakukan ramp check. Ada beberapa sistem yang diperiksa," ujarnya saat ditemui di Kantor Dishub, Terminal Kalideres, Jakarta Barat pada rabu 27 Maret 2024.

Ramp check merupakan sebuah istilah atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan. Bertujuan untuk memastikan kondisi kendaraan salah satunya adalah armada bus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

BACA JUGA:Sambut Idul Fitri 2024, PLN Tambah SPKLU di Jalur Mudik

Revi mengatakan, bahwa ramp check tersebut berupa pengecekan sistem utama dan sistem penunjang atau pelengkap. "Sistem utama yaitu seperti roda, lampu, rem, whiper, kemudi, dll. Itu gak ada toleransi. Harus bagus," tuturnya.

Sedangkan untuk sistem penunjang itu sendiri seperti alat pemukul kaca, dongkrak, dan kotak obat. Hal tersebut juga harus dilengkapi oleh armada bus.

"Kalau alat pemukul kaca biasanya kan di dalam bus harusnya ada dua. Nah, kalau yang baru ada satu harus segera dilengkapi," imbuhnya.

Alumni SMPN 206 Jakarta Barat itu menegaskan, jika salah satu sistem tersebut belum dilengkapi maka tidak berikan izin lulus. "Makanya bus banyak yang di sistem utama lulus tapi sistem penunjang belum lengkap, itu kita tidak lolosin dulu," jelas Revi.

BACA JUGA:Mudik Gratis Bareng Indonesia Financial Group Dibuka, Ini Rutenya

Artinya, semua sistem penunjang itu harus dilengkapi. Setelah semuanya sudah paten baru diberikan stiker lulus uji. 

"Jadi kalau yang belum dikasih stiker bukan berarti gak layak, tapi harus ada alat yang dilengkapi," tukasnya.

Dalam satu hari, pihaknya menargetkan 30-35 bus untuk dilakukan pengecekan. Untuk memastikan bahwa para pemudik, sopir dan crew bus nanti akan aman dan selamat sampai tujuan.

Sementara itu Wakil Kepala Terminal Kalideres Gathut Hendro Wahyono menambahkan, bahwa Terminal Kalideres sudah siap dari segi armada maupun prasarananya untuk menyambut mudik lebaran 2024.

BACA JUGA:Beli Tiket ASDP Ferry untuk Mudik Kini Mudah dan Nyaman, Bisa Dipesan Lewat Tiket.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: