Panglima TNI Bentuk Tim Investigasi Usut Penyebab Ledakan di Gudmurah Ciangsana Bogor

Panglima TNI Bentuk Tim Investigasi Usut Penyebab Ledakan di Gudmurah Ciangsana Bogor

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memberikan keterangan pers terkait ledakan Gudang Munisi Daerah Ciangsana milik Kodam Jayakarta usai meninjau langsung lokasi ledakan, Minggu 31 Maret 2024-Dok. Puspen TNI -

BACA JUGA:Panglima TNI Ungkap Penyebab Ledakan di Gudang Amunisi, Singgung Amunisi Expired yang Gampang Meledak Terkena Gesekan

Senada dengan hal itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak menyebut bahwa ada berbagai jenis amunisi di gudang enam Gudmurah Ciangsana. Masing-masing amunisi itu memiliki jenis penyalaan yang berbeda-beda. 

"Penyalaannya beda-beda, (ada) panas, listrik, ada yang tergesek, ini akan dievaluasi nanti," terang Maruli. 

Sebelumnya, gudang enam di Gudmurah TNI AD, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat meledak pada Sabtu 30 Maret 2024 petang. 

BACA JUGA:Kapolda Metro Imbau masyarakat Jaga Jarak Aman dari Ledakan Gudang Peluru TNI AD

Ledakan itu diduga terjadi karena adanya reaksi kimiawi amunisi yang sudah kedaluwarsa. Diduga ada material menjadi labil dan bergesek sehingga menimbulkan percikan yang berujung ledakan. 

Kebakaran gudang peluru itu mengakibatkan ledakan keras yang mengagetkan warga sekitar. Sejumlah amunisi yang berasal dari gudang tersebut terpental ke permukiman warga terutama di kawasan Visalia Kota Wisata, Gunung Putri, Kabupaten Bogor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: