Itikaf Ala Ustaz Syafiq Riza Basalamah: Bikin Tenda Dalam Masjid

Itikaf Ala Ustaz Syafiq Riza Basalamah: Bikin Tenda Dalam Masjid

Berbagai tata cara itikaf yang berkembang di masyarakat muslim, di mana terdapat juga itikaf ala Ustaz Syafiq Riza Basalamah yang mambuat tenda dalam masjid.-tangkapan layar tiktok@badel_kamu-

JAKARTA, DISWAY.ID – Menjelang hari-hari tekahir bulan puasa umat muslim biasanya melakukan itikaf di masjid.

Itikaf adalah jktikaf berasal dari bahasa Arab akafa yang berarti menetapi sesuatu yang baik atau buruk walaupun tidak didalam masjid, di mana menurut istilah adalah berdiam diri baik secara nyata atau hukum didalam masjid dengan sifat tertentu.

Dalam itikaf tersebut umat muslim mengisi dengan beribadah untuk menyambut malam lailatur qadar.

Berbagai tata cara itikaf yang berkembang di masyarakat muslim, di mana terdapat juga itikaf ala Ustaz Syafiq Riza Basalamah yang mambuat tenda dalam masjid.

BACA JUGA:Intip 8 Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri yang Ternyata Bukan Kaleng-kaleng, Bisa Cuan Abis!

BACA JUGA:Astra Infra Siap Sambut Arus Mudik Lebaran 2024, Tetapkan Diskon Tarif Tol dan Pastikan Kesiapan Kondisi Jalan

Dalam sebuah video yang terlihat Ustaz Syafiq Riza Basalamah menjelaskan bagaimana cara beritikaf di 10 hari penghujung puasa atau menjelang Lebaran Idul Fitri.

“Ini malam-malam terakhir Ramadhan dan disyariatkan oleh Rasulullah, tapi apakah itikaf itu harus bermalam atau tidak,” jelas Ustaz Syafiq yang disebutkan sebagai salah satu uztad dengan aliran Wahabi.

Menurut Ustaz Syafiq jika membaca itikaf Nabi Salallahu Alaihissalam, dia akan mendapati dari malam 21 sampai malam Lebaran, Nabi Salallahu Alaihissalam baru keluar dari masjid.

Memang pada masa Nabi Salallahu Alaihissalam ketika itikaf beliau pakai tenda dan bukan buat tidur, namun supaya ibadahnya lebih fokus sendirian.

BACA JUGA:Ketersediaan Tiket Kereta Makin Menipis, Penjualan Tembus 2.2 Juta Kursi Per 1 April 2024

BACA JUGA:Diskon Tarif Tol Sebesar 20 Persen Saat Musim Mudik Lebaran 2024, Catat Jadwal dan Jalurnya

Meskipun demikian menurut Ustaz Syafiq boleh juga jika tidak menginap di masjid, namun sebenarnya pendapat yang lebih kuat, itikaf itu tidak harus puasa, gak harus seharian full, gak harus bermalam.

“Yang jela engkau berniat berdiam di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala”, terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: