Pangkoarmada III Sebut Bentrokan TNI AL dengan Brimob dapat Diredam

Pangkoarmada III Sebut Bentrokan TNI AL dengan Brimob dapat Diredam

Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Hersan.-tangkapan layar-

PAPUA, DISWAY.ID-- Bentrokan yang melibatkan anggota TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Oknum Brimob di ruang tunggu keberangkatan Pelabuhan Sorong, PAPUA Barat pada Minggu, 14 April 2024 berakhir damai.

Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Hersan mengatakan bentrokan itu dapat diredam setelah dikendalikan dan proses mediasi oleh masing-masing pimpinan.

"Peristiwa pertikaian antara prajurit TNI AL dengan personel Brimob bermula dari kesalahpahaman di tingkat individu yang berawal dari perkelahian di Pelabuhan Sorong akhirnya berimbas sampai kepada pergerakan massa," kata Hersan dalam keterangannya, Senin, 15 April 2024.

BACA JUGA:20 Anggota Polri Diperiksa, Diduga Terlibat Bentrok dengan TNI AL di Sorong

Hersan mengatakan pimpinan nantinya akan menindaklanjuti kejadian tersebut dengan melaksanakan penyelidikan lebih lanjut.

"Apabila ada oknum yang terbukti melakukan pelanggaran akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," tegasnya.

Hersan menyayangkan bentrokan tersebut terjadi sehingga sinergitas TNI-Polri yang terjalin sudah dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

Pangkoarmada III juga berharap kejadian ini tidak terulang lagi ke depannya, agar soliditas TNI-Polri tetap terjalin erat.

BACA JUGA: Polda Papua Barat Dalami Unsur Pidana di Keributan Anggota TNI AL dan Oknum Brimob di Sorong

"Kapolda sudah menyampaikan permohonan maaf kepada TNI khususnya dan masyarakat, umumnya serta akan memberikan tindakan tegas kepada para pelaku yang menyebabkan rusaknya soliditas TNI-Polri ini. Kita berharap rekan-rekan yang masih di rumah sakit segera diberikan kesembuhan, dan sekali lagi, kita tetap menjaga soliditas TNI-Polri," Ujar Pangkoarmada III itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: