Google Doodle Rayakan Hari Bumi 2024, Komitmen Kurangi 60% Sampah Plastik

Google Doodle Rayakan Hari Bumi 2024, Komitmen Kurangi 60% Sampah Plastik

Google Doodle Hari Bumi 2024-Ayo selamatkan Bumi dari sampah plastik-Google

JAKARTA, DISWAY.ID – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024.

Dengan berbagai simbol Bumi dari mulai tanah, laut, dan penghijauan, menjadi refleksi bagi umat manusia untuk bertindak lewat aksi nyata untuk menyelamatkan Bumi.

Ancaman perubahan iklim, polusi, dan sampai plastik semakin mengancam Bumi.

BACA JUGA:Tes Ujian Kepolosan Google Form, Pertanyaannya Seputar Cinta dan Pacaran

Tema Hari Bumi 2024

Tahun ini, hari Bumi 2024 memiliki tema memerangi sampah plastik dalam komitmen untuk mengakhiri penggunaan plastik demi kesehatan manusia dan bumi.

Dikutip dari laman Earth.org, pengurangan 60% produksi plastik pada tahun 2040 menjadi komitmen nyata.

Tema tahun ini, Planet vs Plastik, menyerukan untuk mengadvokasi kesadaran luas akan pentingnya mengurangi plastik.

Dampak kesehatan akibat penggunaan plastik, segera hentikan penggunaan plastik sekali pakai, segera dorong diberlakukannya Perjanjian PBB tentang Polusi Plastik, dan tuntut diakhirinya fast fashion.

“Bergabunglah bersama kami dalam membangun planet bebas plastik untuk generasi mendatang!” tulis laman resmi tersebut. 

BACA JUGA:Soal Tes Ujian Gamon Google Form, Cocok Buat yang Masih Kepo Sama Mantan

Sejarah Hari Bumi 2024

Dekade-dekade menjelang revolusi pertama, masyarakat Amerika mengonsumsi gas bertimbal dalam jumlah besar melalui penggunaan mobil yang sangat besar dan tidak efisien.

Industri mengeluarkan asap dan lumpur tanpa rasa takut akan konsekuensi baik dari hukum maupun pemberitaan yang buruk.

Polusi udara umumnya diterima sebagai bau kemakmuran. Hingga saat ini, masyarakat arus utama Amerika masih belum menyadari masalah lingkungan hidup dan bagaimana polusi lingkungan mengancam kesehatan manusia. 

BACA JUGA:Link Tes Ujian Kepekaan Google Form yang Viral di TikTok, Ini Bocoran Soalnya

Namun, keadaan mulai berubah dengan diterbitkannya buku terlaris Rachel Carson di New York Times, Silent Spring, pada tahun 1962.

Buku ini mewakili momen penting, terjual lebih dari 500.000 eksemplar di 24 negara karena meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap organisme hidup, lingkungan dan hubungan erat antara polusi dan kesehatan masyarakat.

Senator Gaylord Nelson, senator junior dari Wisconsin, telah lama prihatin dengan memburuknya lingkungan di Amerika Serikat.

Kemudian pada bulan Januari 1969, dia dan banyak orang lainnya menyaksikan kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California.

Terinspirasi oleh gerakan mahasiswa anti-perang, Senator Nelson ingin menanamkan energi protes mahasiswa anti-perang dengan munculnya kesadaran publik tentang polusi udara dan air.

BACA JUGA:Hari Perempuan Internasional 2024 Jadi Google Doodle, Rasa Hormat untuk Kaum Hawa agar Setara dengan Pria

Senator Nelson mengumumkan gagasan untuk mengadakan pengajaran di kampus-kampus kepada media nasional, dan membujuk Pete McCloskey, anggota Kongres dari Partai Republik yang berpikiran konservasi, untuk menjadi ketua bersama.

Senator Gaylord Nelson merekrut Denis Hayes, seorang aktivis muda, untuk mengatur pengajaran di kampus dan menyebarkan ide tersebut ke masyarakat yang lebih luas, dan mereka memilih tanggal 22 April, hari kerja yang jatuh di antara Liburan Musim Semi dan Ujian Akhir, untuk memaksimalkan partisipasi.

Menyadari potensinya untuk menginspirasi seluruh warga Amerika, Hayes membentuk staf nasional sebanyak 85 orang untuk mempromosikan acara-acara di seluruh negeri dan upaya tersebut segera diperluas hingga mencakup berbagai organisasi, kelompok agama, dan lainnya.

Mereka mengganti namanya menjadi Hari Bumi, yang langsung menarik perhatian media nasional, dan tersebar di seluruh negeri.

Hari Bumi menginspirasi 20 juta orang Amerika – yang pada saat itu merupakan 10% dari total populasi Amerika Serikat – untuk turun ke jalan, taman, dan auditorium untuk berdemonstrasi menentang dampak pembangunan industri selama 150 tahun yang telah meninggalkan warisan masalah serius yang semakin besar pada dampak kesehatan manusia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: earth.org