Kolaborasi Telin dan BW Digital, Percepat Konektivitas di Wilayah Indonesia dan Australia

Kolaborasi Telin dan BW Digital, Percepat Konektivitas di Wilayah Indonesia dan Australia

Kolaborasi Telin dan BW Digital, Percepat Konektivitas di Wilayah Indonesia dan Australia-Telin-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Anak perusahaan Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dan BW Digital mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan dan pembangunan bersama Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Hawaiki Nui 1. 

MoU tersebut ditandatangani di Washington DC saat event International Telecoms Week 2024.

BACA JUGA:Telkom Bagikan Dividen Tunai Sebesar 72 Persen Atau Rp17,68 Triliun

BACA JUGA:RUPST Fokus Transformasi dan Pertahankan Kinerja Operasional, Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 T

Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari kemitraan antara BW Digital dan Citramas Group pada awal Maret lalu. 

Kemitraan kedua perusahaan bertujuan untuk membangun ekosistem digital kelas dunia di Nongsa Digital Park di Batam, Indonesia, yang berpusat pada data center 80 MW yang melayani bisnis, pemerintah, dan komunitas di seluruh negara.

Hawaiki Nui 1 merupakan tahap pertama dari program pengembangan SKKL BW Digital. Dengan kapasitas desain lebih dari 240 Tbps, kabel ini akan menghubungkan Australia, Indonesia, dan Singapura, termasuk cabang opsional ke Kepulauan Solomon, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Membentang sekitar 10.000 km, Hawaiki Nui 1 akan menjadi rute baru yang lebih efisien di timur laut Australia melalui Selat Torres. 

BACA JUGA:Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis Melalui Reboisasi, Tanam 33.800 Bibit Pohon di 4 Provinsi Sepanjang 2023

BACA JUGA:Kemitraan Strategis Telkom dan F5, Perkuat Cybersecurity Indonesia

Hawaiki Nui 1 akan menyediakan konektivitas, keragaman, dan keamanan yang lebih andal antara Australia-Asia dan Asia Tenggara. 

Sistem ini juga akan menyediakan tautan kabel langsung yang pertama antara Sydney dan Darwin, serta dari Darwin ke Singapura, dengan cabang ke Jakarta dan Batam.

Melalui kesepakatan ini, Telin dan BW Digital akan bekerja sama untuk mengembangkan, mengadakan, dan membangun Hawaiki Nui 1, yang diperkirakan akan siap beroperasi (Ready For Services) pada tahun 2027. 

Telin juga akan bertindak sebagai pihak pendaratan Indonesia untuk kabel tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: