Pemerhati Transportasi Ingatkan Pentingnya Tahu Kelaikan Kendaraan yang Disewa Terjamin

Pemerhati Transportasi Ingatkan Pentingnya Tahu Kelaikan Kendaraan yang Disewa Terjamin

Bus selaku moda transportasi sering disewa untuk angkut rombongan.-ayu novita-

JAKARTA, DISWAY.ID – Kejadian bus pariwisata yang dialami oleh SMK Lingga Lingga Kencana yang terjadi di Subang meninggalkan duka mendalam.

Pemerhati Masalah Transportasi dan Hukum Budiyanto, mengungkapkan pentingnya memperhatikan kelaikan kendaraan yang disewa agar terjamin keselamatan seluruh pihak.

“Menjadi pembelajaran kita semua bahwa begitu pentingnya kita menyewa kendaraan yang betul - betul prima atau kelaikan kendaraan dapat terjamin,” ujarnya kepada Disway.id pada Kamis, 16 Mei 2024.

BACA JUGA:Hotman Paris Turun Tangan Ungkap Kasus Kematian Vina, Singgung Proses Penyidikan di Polda Jabar

Budiyanto menyarankan, agar masyarakat tidak mengabaikan kondisi kelaikan kendaraan karena harga sewa yang murah.

Selain itu, kata Budiyanto, pengawasan yang lemah dari para pemangku kepentingan juga berdampak pada kecelakaan yang mengakibatkan 11 korban jiwa ini.

“Situasi seperti ini mengindikasikan ada titik pengawasan yang lemah oleh pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dibidangnya,” pungkasnya.

Dalam hal ini, Budiyanto menjelaskan, setiap angkutan umum ada kewajiban untuk melakukan uji berkala setiap enam bulan sekali.

“Dalam uji berkala secara menyeluruh fisik kendaraan akan diperiksa seperti sistem rem, kemudi, perlampuan,kondisi ban dan sebagainya. Sampai ada hasil pemeriksaan terakhir yang dinyatakan bahwa kendaraan dalam kondisi laik jalan,” tuturnya.

BACA JUGA:Terungkapnya Status Sopir Bus Kecelakaan SMK Lingga Kencana, Hanya Freelance dan Baru Sekali Bawa Bus Putera Fajar

Kemudian, Budiyanto menjelaskan uji berkala secara menyeluruh ini harus dilakukan secara konsisten dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab oleh pemangku kepentingan yang bertanggungjawab di bidangnya.

Adapun sejumlah tips yang berikan Budiyanto sebelum menyewa angkutan umum.

1.Pastikan angkutan umum memiliki izin

2.Armada yang memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: