Ini 6 Larangan Bagi Jamaah Haji saat di Madinah dan Makkah

Ini 6 Larangan Bagi Jamaah Haji saat di Madinah dan Makkah

Kakbah dan Masjidil Haram pada Minggu, 19 Mei 2024. -Sigit Kurniawan-Media Center Haji

Tapi jangan merekam video terlalu lama. Apalagi disertai dengan perangkat pendukung seperti tripod, mikrofon, lighting, dan sebagainya. Pihak keamanan akan curiga dengan aktivitas itu. Bukan tidak mungkin kamera kita disita oleh petugas. Minimal petugas akan meminta kita menghapus hasil rekaman kita. 

5. Merokok

Para ahli "hisab" harus membaca ini. Jangan meroko sembarangan di Makkah dan Madinah. Terutama di kompleks Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Aturan lain yang kerap dilanggar jemaah adalah merokok di kompleks masjid. Bila ingin merokok lakukan di tempat yang jauh dari kawasan masjid. Banyak terpasang peringatan bahwa mereka yang tertangkap merokok akan didenda SAR 200 atau sekitar Rp 900 ribu. 

6. Buang Sampah Sembarangan

Tegakah Anda membuang sampah di lingkungan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi? Dua tempat tu begitu bersih. Dilarang keras membuang sampah sembarangan di dua kawasan itu. Pengelola masjid banyak menyediakan kotak sampah. Petugas kebersihan juga rutin berkeliling membawa kantong sampah untuk melayani jamaah yang akan membuang sampah mereka. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait