Kunker ke Swedia, Komisi IV DPR RI Bahas Pangan hingga Lingkungan Hidup

Kunker ke Swedia, Komisi IV DPR RI Bahas Pangan hingga Lingkungan Hidup

Rombongan Komisi IV DPR RI yang dipimpin Budhy Setyawan dan Budisatrio Djiwandono melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Stockholm, Swedia pada 19-22 Mei 2024 yang membahas masalah pangan hingga lingkungan hidup-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Rombongan Komisi IV DPR RI yang dipimpin Budhy Setyawan dan Budisatrio Djiwandono melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Stockholm, Swedia pada 19-22 Mei 2024. 

Kunjungan tersebut untuk mempelajari kebijakan dan program yang telah dilakukan oleh Pemerintah Swedia, baik dalam bidang pangan dan pertanian, perikanan dan kelautan, serta lingkungan hidup dan kehutanan.

Ketua Delegasi Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan bersama tim melakukan berbagai rangkaian kegiatan. Beberapa di antaranya yaitu peninjauan pasar ikan yang ada di salah satu wilayah Stockholm, peninjauan lahan pertanian dan peternakan, serta melakukan pertemuan dengan parlemen Swedia.

BACA JUGA:Penangkapan Sosok Perong DPO Vina Cirebon Dipertanyakan Netizen, Teori Cocoklogi: Tindikan Telinga Segeda Jempol Kaki Bisa Hilang?

BACA JUGA:Pernyataan Berbeda Saka Tatal Dibongkar Netizen, Antara SPBU dan ke Bengkel

Budhy Setyawan menyatakan bahwa kunjungan ke pasar ikan bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan sumber daya ikan Indonesia kepada Swedia, yang saat ini masih mengimpor sebagian besar komoditas perikanan. 

“Kunjungan ke pasar ikan ini memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Swedia, di mada Swedia saat ini masih bergantung pada komoditas perikanan impor dan memperkenalkan kekayaan Sumber Daya Ikan yang dimiliki oleh Indonesia,” ujar Politisi Fraksi Partai Golkar tersebut, Jumat, 24 Mei 2024.

Selanjutnya, Komisi IV mengunjungi Sentra Peternakan dan Perkebunan Bona Gard, serta Fish & Market di Swedia.

Di kesempatan ini Komisi IV melakukan pertemuan dengan peternak guna mempelajari pelaksanaan pertanian terpadu.

BACA JUGA:NasDem, PDIP, dan PKS, Siap Kolaborasi Usung Anies Baswedan Maju di Pilgub Jakarta?

BACA JUGA:Mobil Rubicon Mario Dandy Gak Laku Dilelang, Harga Merosot Sampai Rp600 Juta

“Komisi IV juga mempelajari pelaksanaan pertanian terpadu, di mana limbah peternakan dan pertanian dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk organik dan bahan baku energi lainnya,” jelas Budhy.

Delegasi Komisi IV DPR RI juga melakukan pertemuan dan rapat yang dipimpin oleh Mr Adam Reuterskiöld (Chairman of the Sweden-Indonesia Interparliamentary Friendship Relations) dan anggota The Committee on Environment and Agriculture, yaitu Mr Kenneth G Forslund, MsEmma Nohrén, Mr John Widegren, Ms Helena Storckenfeldt, Ms Stina Larsson, dan Ms Elin Nilsson. 

Pada pertemuan itu, delegasi Indonesia menyoroti beberapa permasalahan dan mendapatkan solusi terkait dengan penurunan jumlah petani dan meningkatkan jumlah petani muda, permasalahan CPO, mempelajari konsep penangkapan ikan/perikanan terukur, dan konsep perhutanan sosial yang telah dilakukan oleh Pemerintah Swedia hingga saat ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: