Distribusi Pangan Terus Disorot, Kemendagri Warning Tiga Hal Pokok

Distribusi Pangan Terus Disorot, Kemendagri Warning Tiga Hal Pokok

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro memberikan warning terhadap kondisi harga pangan. -Kemendagri-

JAKARTA, DISWAY.IDHarga dan distribusi pangan terus disorot Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Langkah antisipasi yang harus dilakukan dengan mengirai tiga hal penting.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengatakan upaya penanggulangan harga dan distribusi pangan jelang Ramadan atau puasa mendatang jangan diangap remeh. 

"Maka saya tekankan sekali lagi, pentingnya evaluasi sekaligus introspeksi mengenai penanganan yang dilakukan," tandas Suhajar.

BACA JUGA:Buntut Minyak Goreng Langka, Mendagri Instruksikan Satgas Pangan Harus Lebih Tegas!

Penegasan ini disampaikannya dalam Rapat Progres Daerah dalam Pemetaan Potensi Penggunaan PDN pada Pengadaan Barang Jasa integrasi data SIPD dengan SIP3DN dan Penanganan Ketahanan Pangan secara virtual, Senin 21 Maret 2022.

Hal pertama yang perlu dilakukan, kata Suhajar, adalah introspeksi mengenai kebijakan yang selama ini telah dilakukan pemerintah.

Khususnya di kementerian maupun lembaga. Apabila kebijakan yang dijalankan menjadi penghambat, maka persoalan tersebut perlu dicarikan solusi terbaiknya.

BACA JUGA:Tinjau Pasar Minggu, Kapolri Dengar Pengakuan Pedagang Migor Curah: Harga dari Agen Rp15.500

Bahkan jika memungkinkan, permasalahan tersebut diminta untuk diselesaikan dalam rapat eselon I kementerian dan lembaga terkait.

Hal kedua, lanjut Suhajar, berkaitan dengan suplai pangan. Menurutnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memiliki perhatian serius terhadap urusan tersebut.

Mendagri bahkan mendorong Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk terus bergerak memastikan suplai pangan dapat tersalurkan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Mendag Lutfi Prediksi Harga Minyak Goreng Kemasan Turun pada Pekan Depan

“Pesan Pak Mendagri yang telah disampaikan pada Rakor (Rapat Koordinasi) hari Jumat bersama Pak Kepala (Badan) Pangan Nasional dan Menteri Perdagangan serta Menteri Pertanian agar Satgas Pangan ini bergerak, dan begitu pula Satgas Kabupaten/Kota yang ketuanya adalah para Sekda (Sekretaris Daerah),” terang Suhajar.

Para Satgas tersebut diminta untuk mengontrol suplai pangan yang menumpuk. Selain itu, Satgas Pangan juga didorong untuk berkoordinasi dengan Satgas Pangan Polri. Tujuannya, apabila ada pelanggaran agar dapat segera ditindak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: