Mendag Lutfi Prediksi Harga Minyak Goreng Kemasan Turun pada Pekan Depan

Mendag Lutfi Prediksi Harga Minyak Goreng Kemasan Turun pada Pekan Depan

Menteri perdagangan Muhammad Lutfi memperkirakan harga minyak goreng kemasan turun pekan depan-dok kemendag-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi memperkirakan, harga untuk minyak goreng kemasan akan turun dalam satu pekan ke depan. 

Hal itu disampaikannya saat pemantauan minyak goreng di sejumlah ritel modern, yaitu TipTop Rawamangun, Jakarta Timur dan Diamond Artha Gading, Jakarta Utara, Jumat 19  Maret 2022 kemarin.

"Minyak goreng kemasan sudah mulai normal bahkan melimpah. Diperkirakan dalam seminggu ke depan merek-merek sudah mulai keluar dan harganya sudah bisa lebih baik," kata Lutfi, Sabtu 19 Maret 2022.

BACA JUGA:Stok Cabai Dipastikan Melimpah Selama Ramadhan, Harga Dijamin Murah

Lutfi menuturkan, dari hasil pantauan menunjukkan minyak goreng dan barang kebutuhan pokok (bapok) tersedia. 

Berdasarkan informasi dari penjual, banyaknya permintaan toko (service level) terhadap kebutuhan minyak goreng sudah bisa dipenuhi 100 persen.

"Jika merek minyak gorengnya makin banyak, harganya akan menurun sesuai dengan kompetisi dan leveling dari market mereka, Kita akan kerjakan bersama-sama," terangnya.

BACA JUGA:MotoGP Mandalika 2022, Marc Marquez Catatkan Waktu Tercepat FP3

Lutfi pun menyampaikan apresiasi kepada Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) yang telah memastikan, bahwa ritel modern ikut membantu penjualan dan distribusi barang pokok dan barang penting untuk kebutuhan menjelang bulan Ramadan dan Lebaran.

Selanjutnya, Kementerian Perdagangan akan bersinergi dengan Kementerian Perindustrian untuk memastikan ketersediaan minyak goreng curah di pasar tradisional dengan harga Rp14.000/liter sesuai ketentuan pemerintah.

BACA JUGA:KPPU Ajak Kemendag Kordinasikan Data dan Informasi Dugaan Mafia Minyak Goreng

Sebelumnya, pemerintah memutuskan mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp11.500 untuk minyak goreng curah per liter, Rp13.500 untuk minyak kemasan sederhana dan Rp14.000 untuk minyak goreng medium. 

Sementara itu, pemerintah hanya memberi subsidi untuk minyak goreng curah, sehingga harganya ditetapkan sebesar Rp14.000 per liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: