2 Tahun Belajar dari Rumah, Siswa Lupa Cara Baris-berbaris

2 Tahun Belajar dari Rumah, Siswa Lupa Cara Baris-berbaris

Lama belajar dari rumah, siswa lupa cara baris berbaris.--Radar banten

SERANG, DISWAY.ID, Pandemi Covid-19 yang terjadi selama dua tahun terakhir memaksa pelajar untuk belajar dari rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

PJJ memang terbatas, tidak semua mata pelajaran dapat dipelajari dengan maksimal, apalagi pelajaran praktek. Tidak heran bila datang sebuah kesempatan untuk menguji kemampuan praktek, siswa akan sedikit lupa. 

Seperti yang terjadi di Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Sejumlah siswa terlihat kaku dan bingung saat diuji kemampuan baris-berbaris untuk sebuah ajang lomba. 

Mereka terlihat kaku dan bingung saat diuji kemamapuan baris-berbaris pada ajang Festival Lomba Siswa Nasional (FLSN) 2022 di SDN Waringinkurung 02, Senin 21 Maret 2022.

Para siswa yang masuk fase delapan beaar pada cabang lomba siswa berprestasi, diuji kemampuan baris-berbaris.

Mereka berdiri di depan penguji lalu diminta mempraktekan komando yang disampaikan penguji. “Coba gimana caranya hadap kanan grak, hadap kiri grak” kata penguji.

Lalu siswa mulai mengikuti komando, gerak tubuh mereka tampak kaku, ada pula yang belum paham bagaimana sikap tubuh yang baik dan benar saat baris-berbaris.

Kemudian, saat penguji meminta agar siswa memberikan komando bubar jalan, kebanyakan siswa malah hadap belakang dan bukan berteriak bubar jalan.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Kecamatan Waringinkurung Ayu Sumaeni mengaku, banyak siswa yang lupa cara baris-berbaris.

“Banyak yang pada bingung ketika dites baris-berbaris,” kata Ayu yang juga menjadi penguji lomba.

Menurutnya, hal ini disebabkan lantaran sudah dua tahun para siswa melaksanakan belajar dari rumah dan tidak pernah lagi upacara.

“Tapi kita tidak bisa menyalahkan siswa, memang keadaan yang membuat mereka lupa cara baris-berbaris,” akunya.(RadarBanten)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: