Jamaah Haji Lansia Dapat Fasilitas Bus Salawat Khusus

Jamaah Haji Lansia Dapat Fasilitas Bus Salawat Khusus

Dek bus salawat khusus jamaah haji lansia didesain khusus agar kursi roda bisa mudah dinaikkan. --Media Center Haji

MAKKAH, DISWAY.ID – Haji ramah lansia diwujudkan dalam berbagai hal. Salah satunya adalah penyediaan bus salawat khusus lansia dan disabilitas selama di Makkah. Ada 8 uni bus salawat yang didesain khusus untuk memudahkan naik turunnya penumpang berkursi roda. 

Kepala Seksi Layanan Transportasi Daker Makkah Syarif Rahman mengatakan, bus salawat ini melayani jamaah dari hotel ke Masjidilhara dan sebaliknya. Petugas haji layanan lansia dan disabilitas juga disiagakan di dalam bus. 


Jamaah haji lansia duduk di kursi roda mereka di dalam bus salawat khusus.--Media Center Haji

"Untuk Indonesia saat ini mengajukan kepada vendor atau syarikah itu menyiapkan 10 unit, sampai hari ini delapan yang sudah ada di lapangan dan itu tersebar di dua terminal Syib Amir dan Ajyad," ujar Syarif saat diwawancarai Media Center Haji di Makkah, Selasa, 4 Juni 2024.

BACA JUGA:Jamaah Haji Indonesia Sukses Jalani Operasi Jantung di MCC RS King Fahd

BACA JUGA:Kompaknya Duo Kakak Beradik Berangkat Haji Bareng, Akui Tak Ingin Forsir Ibadah

Kelebihan bus khsusu lansia ini pada desainnya. Pijakan atau deck bus dibuat lebih rendah dari bus salawat biasa. Dengan begitu kursi roda bisa naik. Jumlah kursi di dalam bus juga dikurangi agar ruang di dalam bus lebih lega. Terutama di bagian tengah. Sementara di sisi depan, hanya tersisa dua baris kursi dengan konfigurasi dua kanan dan dua kiri.


Jamaah lansia punya ruang lapang di dalam bus untuk membawa kursi roda. --Media Center Haji

Bus ini terus beroperasi 24 jam meskipun misalnya tidak ada lansia atau jamaah disabolitas yang naik. Dengan konsep shuttle bus, bus ini harus mampir ke semua hotel jamaah haji Indonesia sesuai dengan rute yang sudah ditentukan. "Selagi nggak dipakai pun tetap digunakan untuk transportasi cadangan," ucap Syarif. 

BACA JUGA:Evaluasi Penerbangan Haji 2024, Garuda Indonesia Terlambat 42 Kali

BACA JUGA:154.410 Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Suci Per 2 Juni 2024, 32 Orang Wafat

Program bus khusus lansia ini sebenarnya sudah ada sejak musim haji tahun lalu. Tahun ini pelayanannya ditingkatkan dan busnya juga lebih nyaman. 

"Tapi kalau ada laporan yang jumlah lansianya lebih dari 20 orang satu rombongan, itu memang mekanismnya memang sebaiknya tidak bareng dengan pendampingnya. Bus ini memang untuk umrah wajib lansia. Setelahnya bisa digunakan by order. Kalau ada 20 kita langsung kabarin tim transportasi langsung meluncur," kata Syarif. 

Jamaah haji yang sudah tiba di Makkah sendiri saat ini berjumlah sekitar 177 ribu jamaah. Untuk pergi ke Masjidil Haram, mereka bisa naik bus salawat yang berperasi 24 jam di lima wilayah, yaitu Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan Rei Bakhsy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: