Tren Live Streaming E-commerce, Mana Paling Disukai antara Shopee, TikTok, Lazada, dan Tokopedia?

Tren Live Streaming E-commerce, Mana Paling Disukai antara Shopee, TikTok, Lazada, dan Tokopedia?

Adopsi e-commerce oleh para pelaku usaha untuk peningkatan minat masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan secara online-istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Brand lokal dan UMKM semakin mudah dalam memasarkan produk dengan adanya streaming e-commerce di platform. 

Hingga di pertengahan tahun 2024 ini, berbelanja melalui live streaming masih menjadi daya tarik utama, bahkan semakin diminati oleh masyarakat. 

Kemampuannya dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain ecommerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen, terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis para brand lokal dan UMKM. 

Survei IPSOS yang berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di tahun 2023, memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal ketiga pada tahun 2023. 

BACA JUGA:Cerita UKM Gandeng Affiliator di Social Commerce dan E-Commerce, Efektif Tingkatkan Penjualan

Melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel, survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan. 

Berdasarkan survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut. Adapun indikatornya, antara lain adalah: 

BACA JUGA:Berkontribusi untuk Ekonomi Digital di Indonesia, Goto Unjuk Gigi di Pameran E-Commerce Cina

● Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind - TOM) dengan persentase 77%, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19%).

● Sedangkan dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often - BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72%, jauh dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26%) 

● Selanjutnya dalam Market Share, Shopee Live (82%) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live yang hanya sebesar 18%.

“Akhir tahun 2023 lalu, kami melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru. Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar. Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya,” kata Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma.

BACA JUGA:4 Tips Aman Beli Baju Lebaran di E-Commerce, Jangan Sampai Kena Tipu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: