4 Tips Aman Beli Baju Lebaran di E-Commerce, Jangan Sampai Kena Tipu

4 Tips Aman Beli Baju Lebaran di E-Commerce, Jangan Sampai Kena Tipu

Tips belanja online-Beli baju lebaran lebih aman dan tenang-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Pasti sudah menanti Tunjangan Hari Raya (THR) kan? 

Mau beli baju Lebaran di platform e-commerce, tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Igloo, perusahaan insurtech regional, menyarankan  pengalaman belanja online yang lebih aman pada momentum perayaan Ramadhan dan Idul Fitri.

Data dari The Trade Desk menyatakan bahwa 67% orang Indonesia merencanakan menggunakan seperempat dari THR mereka untuk berbelanja.

Namun, di sisi lain, ada peningkatan ancaman keamanan siber yang membuat para konsumen ini perlu semakin waspada.

Data dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia juga menunjukkan pengaduan penipuan e-commerce meningkat dalam beberapa tahun terakhir, menjadikannya 3 besar dalam 5 tahun terakhir menurut.

BACA JUGA:Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada, Mana E-Commerce Pilihan Brand Lokal dan UMKM?

Laporan terkait penipuan e-commerce pada tahun 2022 antara lain terkait barang tidak sesuai (20%), pengembalian dana (32%), pembatalan sepihak (8%), dan barang tidak terkirim (7%).

Hal ini juga patut menjadi sorotan para pelaku industri terutama dalam hal perlindungan konsumen yang telah mendorong industri e-commerce senilai US$ 123 miliar, dan di Indonesia sendiri, transaksinya bisa mencapai lebih dari Rp10 triliun.

“Ramadhan dan Idul Fitri merupakan momen berkumpul dan membahagiakan, sekaligus merupakan momen perayaan yang biasanya ditandai dengan peningkatan konsumsi. Namun para konsumen dan pelaku industri harus semakin waspada seiring karena dengan semakin maraknya belanja online di Indonesia, risiko penipuan juga meningkat. Pada Q4 tahun lalu, Asia Pasifik diperkirakan mengalami penjualan palsu senilai $700 juta. Oleh karena itu, konsumen mengharapkan dunia usaha untuk melindungi mereka saat berbelanja online melalui langkah-langkah keamanan dan jaminan, sejalan dengan meningkatnya permintaan akan keamanan siber secara umum,” kata Henry Mixson, Country Manager Igloo Indonesia.

Sebagai perusahaan insurtech, hal ini juga mendorong Igloo untuk mengembangkan solusi dalam melindungi pembeli online di Asia Tenggara, dan khususnya Indonesia, serta mitra strategis mereka sepanjang perjalanan pembelian mereka—mulai dari pembayaran hingga purna jual.

Selain itu, Igloo juga ingin berbagi tips berbelanja aman di musim perayaan ini berikut ini:

BACA JUGA:Daftar Mobil Matik di Bawah Rp 250 Juta, Jadi Pilihan Untuk Mudik Lebaran

1. Berbelanja di platform yang memiliki reputasi baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: